Gubernur Beri Penghargaan pada Tanah Datar dan Payakumbuh

Gubernur Beri Penghargaan pada Tanah Datar dan Payakumbuh

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno memberikan penghargaan kepada Kabupaten Tanah Datar dan Kota Payakumbu, di Padang, Selasa (9/4/2019). Kedua daerah dinilai gubernur sebagai kabupaten dan kota perencana pembangunan terbaik di Provinsi Sumbar.

Penghargaan diterima langsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Demikian dilansir Humas Pemkab Tanah Datar dan Humas Pemko Payakumbuh di situs resmi kedua daerah.

Gubernur menyampaikan ucapan selamat kepada Walikota Payakumbuh atas raihan tersebut. “Saya ucapkan selamat kepada Walikota dan Bupati yang berhasil menjadi perencana terbaik," ujar Irwan.

Menurut gubernur, penghargaan ini untuk memotivasi sekaligus memberi semangat kepada daerah lain agar ke depan juga bisa membuat perencanaan yang baik bagi daerah masing-masing.

“Pemberian penghargaan ini untuk memotivasi para perencana di daerah-daerah berbuat yang terbaik sehingga perencanaan pembangunan menjadi terarah,” katanya.

Gubernur mengatakan, proses perencanaan merupakan tahapan paling penting dalam proses pembangunan daerah. Mustahil pembangunan bisa terlaksana dengan baik tanpa didahului proses perencanaan yang juga baik.

“Perencanaan itu dasar dan utama untuk mencapai kesuksesan, tidak ada kesuksesan tanpa ada perencanaan yang baik,” tuturnya.

Irwan juga mengingatkan daerah agar tidak menyepelekan proses perencanaan pembangunan. Apalagi mengacu kepada prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, proses perencanaan menjadi acuan sebuah program pembangunan.

Perencanaan yang baik itu, menurut Irwan, dimulai dari petunias visi dan misi yang jelas. Visi dan misi ini menjadi pedoman dalam merumuskan pembangunan, mulai dari perumusan RPJMD, RKPD hingga program kegiatan pembangunan.

“Para perencana tidak boleh bosan dalam bekerja, walaupun yang ditemui senantiasa hal-hal yang sama. Tetapi tetap perlu kreativitas, inovasi, koordinasi dan komunikasi yang baik,” katanya.

Gubernur mengingatkan agar perencanaan yanh disusun disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan daerah. Perencanaan yang disusun harus bisa diaplikasikan.

“Buatlah perencanaan yang relistis. Pastikan sumbar daya yang kita miliki kemampuan mewujudkannya, sehingga tidak ada lagi istilah rencana tinggal rencana,” tukas Irwan.

Selain Tanah Datar dan Payakumbuh, di peringkat berikutnya sejumlah kabupaten dan kota juga meraih penghargaan.

Untuk kabupaten, setelah Tanah Datar, di peringkat kedua Agam, ketiga Padang Pariaman, harapan satu Pesisir Selatan, harapan dua Dharmasraya dan harapan tiga diraih Solok Selatan.

Untuk tingkat kota, setelah Payakumbuh, di peringkat kedua Kota Solok disusul Kota Padang diperingkat ketiga.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam kesempatan itu mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

“Ini hal yang membanggakan bagi masyarakat Tanah Datar. kita juga berhak mewakili Sumbar ke tingkat Nasional," katanya.

Menurutnya, Tanah Datar juga sudah dinilai oleh tim pemerintah pusat yang melakukan verifikasi ke lapangan. Karena, Tanah Datar masuk 10 besar nasional dan capaian ini lebih baik dibanding tahun lalu masuk 15 besar tingkat nasional. Doakan bisa menjadi yang terbaik. salah satu bonusnya dana insentif daerah juga akan bertambah,” ujarnya.

Menurut Bupati Irdinansyah, penghargaan ini merupakan kerja keras Baperlitbang dengan seluruh jajarannya yang didukung seluruh OPD sehingga bisa selesai tepat waktu.

Senada dengan itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak terutama jajaran ASN Pemko Payakumbuh yang telah bekerja keras merumuskan rencana pembangunan Kota Payakumbuh dari tahun ketahun.

“Keberhasilan ini berkat kerja keras kita bersama, baik aparat pemerintahan maupun partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan kota Payakumbuh yang kita wujudkan melalui pelaksanaan Musrenbang mulai dari tingkat RT/RW hingga tingkat kota,” kata Riza.

Ditambahkan, saat ini, Kota Payakumbuh juga tengah menunggu hasil penilaian penghargaan perencanaan pembangunan (PPD) tingkat nasional. Ia berharap, Payakumbuh juga berhasil menjadi yang terbaik.

“Kita berharap prestasi ini bisa terus kita pertahankan, saat ini kita juga tengah menunggu pengumuman Pemda perencana pembangunan terbaik nasional. Kemarin Tim dari Bappenas RI sudah turun menilai, Mohon doanya semoga kembali jadi yang terbaik,” kata Riza. (*/SS)

Baca Juga

Istri dan anak Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah turut serta menjadi caleg di Pemilu 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Istri-Anak Gubernur Sumbar Diprediksi Gagal Raih Kursi DPR dan DPRD Sumbar
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bakal menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) di TPS 12 yang lokasinya tidak jauh
Pemilu 2024, Gubernur Sumbar Akan Nyoblos di TPS 12 Jati Baru
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Sebanyak 11 kepala daerah mengajukan judicial review terhadap ketentuan Pasal 201 Ayat (7), (8) dan (9) Undang-Undang Pilkada Mahkamah
Gubernur Sumbar dan Wali Kota Bukittinggi Ajukan Judicial Review ke MK, Nilai Desain Keserentakan Pilkada 2024 Bermasalah
Pembekuan KI Sumbar oleh Gubernur Mengibiri Pemenuhan Hak atas Informasi Rakyat
Pembekuan KI Sumbar oleh Gubernur Mengibiri Pemenuhan Hak atas Informasi Rakyat