Gerindra Segera Tentukan Ketua DPRD Provinsi dan 11 Kabupaten-Kota di Sumbar

dkpp bukittinggi

Ilustrasi - Palu dan meja sidang. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Partai Gerindra segera menentukan anggota DPRD terpilih yang akan menjadi Ketua DPRD Provinsi dan 11 DPRD Kabupaten dan Kota di Sumatra Barat (Sumbar) setelah proses rekapitulasi selesai.

"Untuk nama-nama yang akan memegang kursi ketua masih belum diketahui. Nama-nama dapat diketahui setelah semua proses selesai dan proses di internal partai," Kata Ketua DPW Partai Gerindra Sumbar Nasrul Abit, di Pangeran Beach Hotel, Padang, Sabtu, (11/5/2019).

Siapa yang akan menjadi ketua DPRD, menurutnya, memang keputusan partai. "Kita masih menunggu keputusan DPP. Akan kita komunikasikan dulu,"ujarnya.

Nasrul yang juga wakil gubernur Sumbar itu menyebutkan, dari 19 kabupaten kota di Sumbar, Gerindra diperkirakan akan memegang 15 jabatan pimpinan DPRD. Dari 15 tersebut, 11 di antaranya adalah jabatan ketua ditambah jabatan ketua DPRD provinsi.

Hal itu, sesuai ketentuan undang-undang yang mengatur, pemenang pemilu legislatif di daerah, otomatis menjadi Ketua DPRD.

"Laporan terakhir, suara ini kan masih ada perbaikan. Semua belum tuntas, baik caleg atau presiden. Cuma, untuk sementara karena sudah bisa dihitung, DPRD untuk ketuanya ada kita dapat 11, untuk pimpinan ada 4, jadi ada 15 kursi pimpinan. Kemudian kalau tidak ada perubahan untuk tingkat provinsi ketua DPRD juga kita yang pegang," kata Nasrul.

Ia memperkirakan untuk Sumbar, Partai Gerindra bisa meraih total suara hingga 20 persen. Sedangkan untuk perolehan suara presiden, menurutnya, juga masih menunggu penghitungan suara tingkat provinsi masih berlangsung.

Ia memperkirakan perolehan presiden untuk pasangan nonor urut 2 Prabowo-Sandiga Uno bisa meraih sekitar 86 sampai 87 persen suara. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat adat yang terdiri dari ninik mamak, bundo kanduang alim ulama hingga cadiak panda,
Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Adat Berkontribusi Menjawab Persoalan Sosial
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan bahwa potensi besar Payakumbuh yang bisa dikembangkan adalah sektor kuliner. Memang, Payakumbuh
Bimtek WRSE Angkatan Terakhir, Ketua DPRD Sumbar: Kuliner Payakumbuh Harus Mendunia
Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) Kepala Daerah Sumbar 2023 DPRD Sumbar, berkonsultasi dengan Direktorat
Optimalisasi Pelaksanaan Rekomendasi DPRD ke Kepala Daerah, Pansus LKPJ Konsultasi ke Kemendagri
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak
Anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Hidayat, resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Padang.
Hidayat Daftar ke Gerindra untuk Pilkada Padang: Wujudkan Padang Lebih Bergairah
Komisi I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam. Dengan adanya rencana
Komisi I DPRD Sumbar Kunjungan ke Agam, Pengajuan DOB Bisa Terealisasi Usai Pilkada