Gempa Solok Selatan, 55 KK Diungsikan

Gempa Solok Selatan, 55 KK Diungsikan

Warga mengungsi ke tempat yang lebih aman pascagempa 5,3 SR di Solok Selatan (Foto: BPBD Solok Selatan)

Langgam.id - Akibat gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, Kamis (28/02/2019) pukul 06.27.05 WIB, 55 Kepala Keluarga (KK) diungsikan.

Saat ini, melalui rilis yang diterima Langgam.id, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan telah mendirikan dapur umum, posko kesehatan dan menyediakan nasi bungkus serta tenda-tenda untuk korban.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan, warga mengungsi di sektar rumah masing-masing dengan mendirikan tenda darurat. Ada juga sebagian mereka yang pergi ke rumah family.

Menurut Rumainur, BPBD Sumbar sudah mengirimkan bantuan berupa tenda untuk korban yang rumahnya rusak berat. "Ada juga makanan siap saji, matras dan keperluan lain. Serta kita sudah mengirim lima personil ke lokasi," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Rumainur, bantuan yang dikirm baru tahap pertama. "Nanti kalau sudah dapat data lengkap, kita akan kirim bantuan tahap kedua," jelasnya.

Bantuan tahap awal yang dikirim BPBD Sumbar, masih seadanya dan akan dilakukan pengecekan data serta kebutuhan masyarakat di lapangan. "Nanti kita bicarakan dulu di sana. Kalau memang perlu ditambah, akan dikirim segera. Atau, nanti kita akan koordinasikan dengan BPBD kabupaten/kota lain di Sumbar," ungkapnya. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

BMKG Padang Panjang mencatat, selama Januari 2024 terdapat 87 kali kejadian gempa bumi yang tersebar di wilayah Sumatra Barat (Sumbar)
87 Kali Gempa Bumi Guncang Sumbar Sepanjang Januari 2024
Mengenal Segmen Sumani, Patahan Sumatra yang Menggejolakkan Gempa di Tanah Datar
Mengenal Segmen Sumani, Patahan Sumatra yang Menggejolakkan Gempa di Tanah Datar
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 Dirasakan hingga Padang, Berpusat di Batusangkar
Gempa M 4,4 Dirasakan hingga Padang, Berpusat di Batusangkar
Sebanyak 765 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama tahun 2023. Dikutip dari akun Instagram
765 Gempa Guncang Sumbar di 2023, 32 Kali Dirasakan Warga
Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) menyampaikan perkembangan atau update terbaru dari korban erupsi Gunung Marapi.
Update Korban Erupsi Marapi, 1 Pendaki Belum Ditemukan