Gempa Magnitudo 4,5 Dekat Bukittinggi Kagetkan Warga Jelang Sahur

Berita gempa - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Gempa bermagnitudo 4,5 terjadi tak jauh dari Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) pada pukul 1.14 WIB pada Senin (4/4/2022) dini hari.

Langgam.id - Gempa bermagnitudo 4,5 terjadi tak jauh dari Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) pada pukul 1.14 WIB pada Senin (4/4/2022) dini hari.

Gempa darat ini dirasakan cukup kuat di Bukittiggi, Agam, Payakumbuh dan sekitarnya, sehingga mengagetkan warga yang umumnya sedang istirahat menjelang waktu sahur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam aplikasi infogempa merilis, gempa ini terjadi pada koordinat 0.20 Lintang Selatan dan 100.34 Bujur Timur. Pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer dan berjarak sekitar 12 kilometer arah barat laut dari Bukittinggi.

Dalam peta terlihat, pusat gempa diperkirakan terjadi di wilayah Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam yang berada di arah utara Kota Bukittinggi. Wilayah ini berbatas di arah utara dengan Kabupaten Pasaman.

BMKG merilis, gempa ini dirasakan III sampai IV MMI (Modified Mercalli Intensity) di Bukittinggi, Agam dan Payakumbuh. Sementara, di Padang Panjang dirasakan sekitar III MMI. Sedangkan di Pasaman, Solok dan Pariaman sekitar II MMI.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Rao Pasaman Malam Ramadan

Sejumlah warga dari wilayah-wilayah tersebut yang berkomentar di fanpage facebook resmi BMKG Padang Panjang menyebutkan gempa terasa cukup kuat.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut. Sebelumnya, gempa bermagnitudo 4,4 menguncang Rao, Kabupaten Pasaman pada Minggu (3/4/2022) pukul 20.30 WIB malam. (*/SS)

Dapatkan update berita gempa Sumbar – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Ribuan Pengunjung Banjiri Objek Wisata Agam Selama Libur Lebaran
Angka Kecelakaan di Padang Turun 29,8% Selama Operasi Ketupat Singgalang 2024
Angka Kecelakaan di Padang Turun 29,8% Selama Operasi Ketupat Singgalang 2024
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat terjadinya kenaikan penumpang pada arus balik Lebaran 2024 pada 13 April 2024 (H+2) dan
H+4 dan H+5 Lebaran, Sekitar 6000 Pemudik Tinggalkan Sumbar Melalui BIM
Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15
Rute One Way Arus Balik Padang - Bukittinggi Berubah