Gempa Darat 4,5 M di Padang Panjang Akibat Akitivitas Sesar Sianok

Langgam.id- Gempa tektonik bermagnitudo 4,5 mengguncang Padang Panjang dan sejumlah daerah lainnya di Sumatra Barat, Senin (30/06/2020) pukul 00.40 WIB.

Baca juga: Gempa Darat 4,5 Magnitudo Guncang Padang Panjang

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang melaporkan gempa terletak di koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.42 Bujur Timur.

Pusat gempa tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer arah Timur Laut Padang Panjang, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa dangkal ini terjadi akibat adanya aktivitas sesar Sianok.

"Gempa dirasakan di daerah Padang Panjang dengan III-IV MMI, Kota Bukittinggi dan Agam II-III MMI dan Padang, Padang Pariaman dan Pariamn I-II MMI," ujarnya.

Kata dia, gempa ini tidam berpoteni tsunami. Hingga kini juga belum ada laporan kerusalan akibat guncangan gempa.

Baca juga: 94 Tahun Gempa Padang Panjang, Hentakan Mematikan di Hari Pekan

Masyarakat diimbau tetap tenang dan jangam terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG. (SRP)

Baca Juga

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Jemaah Haji Asal Padang Panjang Meninggal Dunia di Tanah Suci
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Selama Idul Adha, 620 Hewan Kurban Disembelih di Padang Panjang
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Sampai Mei, Sebanyak 98 Kasus TB Ditemukan di Padang Panjang
Sesar Sianok Aktif, Gempa M4.0 Guncang Padang Panjang
Sesar Sianok Aktif, Gempa M4.0 Guncang Padang Panjang