Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi

Langgam.id - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo M3.7 mengguncang wilayah Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (26/5/2024), pukul 10:46:32 WIB. Gempa ini dirasakan di beberapa daerah di sekitar Bukittinggi, termasuk Padang Panjang, Agam, dan Payakumbuh.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Suaidi Ahadi, episenter gempa bumi ini terletak di laut, 4 kilometer barat laut Bukittinggi, pada kedalaman 7 kilometer.

Gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas Sesar Sianok, sebuah sesar aktif di wilayah Sumatra Barat.

Dijelaskan Suaidi, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, dan Agam dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan seperti truk yang melintas ), Payakumbuh II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Meskipun gempa bumi ini cukup kuat, namun tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Hingga pukul 11:25 WIB, BMKG mencatat adanya 1 kali gempa bumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*/Yh)

Baca Juga

Saat Ini Hujan Lebat di Area Gunung Marapi, Masyarakat Diminta Waspadai DAS Berhulu di Marapi
Saat Ini Hujan Lebat di Area Gunung Marapi, Masyarakat Diminta Waspadai DAS Berhulu di Marapi
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Tanjung Barulak Menolak Pajak
Tanjung Barulak Menolak Pajak
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
Survei Katadata: Mahyeldi Unggul di Pilgub Sumbar 2024
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar