Gandeng Baznas, Dinsos Payakumbuh Beri Bantuan Biaya Berobat Warga Penderita Kanker Ovarium

Langgam.id - Bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh dan Kecamatan Payakumbuh Timur, Dinas Sosial Kota Payakumbuh menyambangi kediaman Erni, warga Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur yang membutuhkan bantuan sosial untuk pengobatan penyakit kanker ovarium yang dideritanya, Senin (26/9/2022).

Hadir langsung menyerahkan bantuan, Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi, Ketua Baznas Kota Payakumbuh Hamdi Syofian didampingi Wakil Ketua Baznas Bidang Pendistribusian Zul ‘Aidi, Camat Payakumbuh Timur Hepi dan Lurah Tiakar Ari Ashadi.

“Sengaja kami hadir di sini dalam rangka silaturahmi sekaligus menyerahkan donasi yang berhasil dihimpun baik dari Baznasdan juga donatur lainnya untuk membantu biaya berobat Bu Erni, semoga ini bisa meringankan,” ujar Kadis Sosial Irwan kepada Yusnani yang merupakan kakak dari Erni.

Yusnani sendiri hadir mewakili Erni, karena yang bersangkutan sejak Jumat (23/9/2022) telah dirujuk ke Rumah Sakit M Djamil di Kota Padang untuk menjalani pengobatan. Erni didiagnosa menderita kanker ovarium dan harus menjalani tindakan operasi dan kemoterapi.

“Atas nama keluarga, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Ini sangat berarti sekali bagi adik kami dan keluarga yang menunggu beliau di Padang,” ujar Yusnani yang matanya terlihat berkaca-kaca menahan haru.

Sementara Ketua Baznas Kota Payakumbuh mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan tahap dua yang disalurkan Baznas kepada Erni. Erni sendiri memiliki kartu jaminan kesehatan nasional (JKN), namun keluarganya butuh biaya selama memdampingi Erni menjalani pengobatan di Padang.

“Sebelumnya pada Juni lalu, Baznas Kota Payakumbuh telah menyalurkan bantuan kepada Bu Erni untuk biaya berobat. Nah saat ini bantuan kembali diberikan mengingat Bu Erni dirujuk ke Padang dan membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit,” ujar Hamdi Syofian.

Dikatakan, Baznas juga memiliki fasilitas rumah singgah di dekat Rumas Sakit M Djamil bagi keluarga Erni yang ingin mendampingi yang bersangkutan berobat.

“Kita juga sediakan penginapan gratis jika ada keluarga yang akan membesuk dan menemani beliau di Padang, yaitu di Rumah Singgah Baznas milik Baznas Provinsi. Tersedia 8 kamar, tinggal kontak ke provinsi saja,” ujar Wakil Ketua Baznas Zul ‘Aidi menambahkan.

Sebelumnya, Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda memerintahkan Dinas Sosial dan Camat Payakumbuh Timur untuk membantu penanganan berobat Erni.

“Saya sudah perintahkan Dinas Sosial dan Camat serta Lurah setempat untuk turun membantu. Saya juga minta BAZNAS turut membantu meringankan beban yang bersangkutan,” ujar Pj. Wali Kota Rida Ananda beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Lasta Jasman yang didampingi tim TP-PKK monev terhadap kelompok Dasawisma yang menerima bantuan bibit tanaman.
Ketua TP-PKK Payakumbuh Lakukan Monev Dasawisma Penerima Bantuan Bibit Tanaman
Tim penilai kunjungan lapangan Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat mengunjungi Kota Payakumbuh pada
Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Sumbar Kunjungi Payakumbuh
Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman terus berupaya untuk mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan sampah yang ada di Payakumbuh saat ini.
Atasi Masalah Sampah, Pemko Payakumbuh Ingin Pinjam Pakai TPA Regional Milik Pemprov
Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Eco Park Conventions Hall Ancol, Jakarta
Hadiri Puncak HPN 2024, Pj Wako Payakumbuh Berpesan Agar Pers Selalu Profesional
Pertama di Sumbar, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh bersama Perum Bulog kantor cabang Bukittinggi luncurkan Lapau Pengendalian Inflasi
Pj Wako Payakumbuh Launching Lapau Pengendalian Inflansi Pertama di Sumbar
Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman bersama Ketua TP-PKK Lasta Jasman menggunakan hak pilihnya di TPS 13 Kelurahan Tiakar, Payakumbuh Timur,
Mencoblos di TPS 13 Kelurahan Tiakar, Jasman Harap Partisipasi Pemilih di Payakumbuh Tinggi