FUSA UIN IB Kembangkan Riset di 5 Madrasah di Sumbar

FUSA UIN IB Kembangkan Riset di 5 Madrasah di Sumbar

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang mengembangkan budaya riset di lima madrasah di Sumatra Barat (Sumbar). (Foto: Humas UIN IB)

Langgaminfo - Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang mengembangkan budaya riset di lima madrasah di Sumatra Barat (Sumbar). Pembinaan madrasah riset tersebut bertema "Sinergisitas madrasah bersama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang untuk membentuk budaya riset."

Lima madrasah tempat kegiatan ini adalah MAN 1 Sijunjung, MAN 2 Pesisir Selatan, MAN IC Padang Pariaman, MAN 1 Kota Bukittinggi dan MAN 3 Pasaman Barat.

Peserta kegiatan adalah para siswa dan guru pembimbing utusan dari berbagai madrasah penyelenggara riset yang ada di Sumatera Barat dengan cara bergabung pada lokasi yang telah ditetapkan.

Wakil Dekan 1 FUSA Dr. Faizin, M.Ag mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menggairahkan dan menyemarakkan peningkatan mutu dan kerjasama civitas akademika FUSA UIN IB dengan madrasah yang ada di Sumbar.

"Sekaligus memberikan pembinaan riset bagi madrasah sebagai cikal bakal bibit unggul calon mahasiswa," katanya, Rabu (26/10/2022), sebagaimana dirilis di situs resmi UIN IB.

Sementara, Dekan FUSA Dr. Andri Ashadi, M.Ag menyatakan, kegiatan ini merupakan pembimbingan bagi siswa untuk memproduksi ilmu pengetahuan berupa riset.

“Jika di madrasah siswa hanya menkonsumsi ilmu pengetahuan, maka dalam Madrasah Riset siswa diharapkan dapat memproduksi ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari madrasah-madrasah yang mengikuti. Pada kegiatan yang dilaksanakan di MAN 1 Bukittinggi juga ikut dihadiri oleh beberapa kepala madrasah yang dilokasikan di tempat tersebut.

Pada saat acara pembukaan, Kepala MAN 1 Bukittinggi Drs. Irsyad, M.Pd mewakili kepala madrasah yang lain menyambut baik kegiatan ini.
Menurutnya, pembinaan madrasah research merupakan kebutuhan bagi madrasah terlebih sekarang sudah banyak event-event yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk madrasah dalam membangkitkan dan mengembangkan semangat research bagi siswa dan guru.

Hal senada juga diungkapkan Kepala MAN 2 Pesisir Selatan Ahmad Asdi, S.Pd. Ia mengatakan, dengan adanya kegiatan dimaksud madrasah akan lebih mudah dalam mempersiapkan siswa dan guru pembimbing menghadapi event di bidang riset di antaranya Myres dan LKIR.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pembinaan riset bagi madrasah ini, UIN Imam Bonjol Padang dapat membangun kerja sama jaringan keilmuan yang progresif dan mencerahkan dengan madrasah serta menumbuhkembangkan generasi muda yang ber-imtaq dan ber-iptek. (Advertorial)

Baca Juga

Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang, Naila Hayati, mengantarkan mahasiswa yang akan melaksanakan PPL,
MAS Saning Bakar Sambut Mahasiswa PPL UIN Imam Bonjol Padang
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menerima Direktur Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri di lantai II Rektorat Kampus III
UIN Imam Bonjol Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Padang
LPM UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.
LPM UIN Imam Bonjol Padang Gelar Workshop Pengisian Risk Register Manajemen Resiko
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati melepas 20 mahasiswa untuk mengikuti Program Student Mobility di Istanbul Foundation, Turkiye
Rektor UIN IB Padang Lepas 20 Mahasiwa Ikuti Program Student Mobility ke Turkiye dan Australia
Kementerian Agama dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Forum Interfaith and Intercivilizational Reception
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Sambut Baik Digelarnya Forum Intercivilizational Reception
UIN Imam Bonjol Padang akan menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Ujian ini akan dilaksanakan
UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang Digelar 24-25 Juni 2024