Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Bahas Dinamika Hukum Islam di Tengah Pandemi 

Langgam.id-seminar internasional

Kegiatan seminar internasional yang dilaksanakan Fakultas Syariah UIN IB Padang di Kyriad Bumiminang Hotel. [foto: UIN Imam Bonjol Padang]

Langgam.id - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membahas dinamika hukum Islam di tengah Pandemi Covid-19, dalam seminar internasional di Kyriad Bumiminang Hotel, Sabtu (20/11/2021).

Seminar dengan tema, "Islamic Law and Contemporary Issues in Pandemic Era" dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 UIN Imam Bonjol Padang Dr Yasrul Huda MA.

Dalam pembukaan tersebut, Yasrul mengatakan bahwa penting pemahaman keagamaan dalam konteks pandemi.

"Rendahnya angka vaksin juga berkaitan dengan pamahaman masyarakat terhadap dinamika hukum Islam itu sendiri," ujar Yasrul.

Dekan Fakultas Syariah Dr Ikhwan MAg menjelaskan, maslahah dan maqasid syariah sebagai metode ijtihad kembali menjadi isu sentral terkait fatwa di masa pandemi.

Ia mengungkapkan, pemilihan tema “Islamic Law and Contemporary Issues in Pandemic Era” pada dasarnya tidak terlepas dari fakta.

Yaitu, bahwa fikih atau produk hukum Islam tidak dapat dilepaskan dari perkembangan zaman.

"Sumber tekstual yang terbatas mesti dikembangkan dengan metode-metode ijtihad yang juga menimbang konteks fakta kontemporer," bebernya.

Ketua Panitia Al Fadli MAg menyebut, tema ini didasari atas perkembangan realitas yang menuntut adabtabilitas hukum Islam.

"Pandemi menjadi penanda berkembangnya praktik ijtihad terkait realitas yang berjalan," ungkapnya.

Seminar internasional ini dilakukan dalam tiga sesi. Narasumber pada sesi pertama yaitu Dr Aly Abdelmoneim Lc MSi (koordinator Maqasid Institute Indonesia).

Sesi kedua yaitu Dr Syafiq Hasyim MA (Dosen Universitas Islam Internasional Indonesia). Sesi ketiga Dr Labib Al Yamani (Dosen Universitas Aden, Yaman)

Kemudian, Dr Muchlis Bahar Lc MAg dan Dr Zainal Azwar MAg, yang masing-masing adalah Dosen Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang.

Dr Aly Abdelmoneim membahas secara komprehensif kaitan antara maqasid syariah dan isu-isu kontemporer.

Sementara Dr Syafiq Hasyim MA membahas tentang fatwa-fatwa di Indonesia tentang pandemi.

Kemudian secara panel Dr Labib Al Yamin bersama Dr Muchlis Bahar Lc MAg dan Dr Zainal Azwar membahas tentang Fikih Maqasid dan Perubahan Sosial.

Seminar Internasional Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang ini dilaksanakan dengan menggabungkan metode daring dan luring.

Baca juga: UIN Imam Bonjol Padang-UIN Ciputat Rancang Kolaborasi Seminar Internasional

Secara luring acara dihadiri oleh 120 orang peserta yang berasal dari latar belakang perguruan tinggi yang beragam di Sumbar.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Program Padang Bergoro, Wako Hendri Septa: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah
Program Padang Bergoro, Wako Hendri Septa: Sungai Bukan Tempat Buang Sampah
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang
Agung Fainendo, Penyandang Disabilitas Netra Pertama Raih Gelar Doktor UIN IB Padang
Langgam.id - Kasat Pol PP Padang, Mursalim menyebutkan wanita yang videokan aksi penertiban pedagang di Pantai Padang merupakan provokator.
Ditegur Satpol PP, Spanduk "Pengabdi Setan" di Padang Diturunkan