Evaluasi Distribusi BBM Subsidi, Wagub Sumbar: Lebih Tepat Sasaran

evaluasi-distribusi-bbm-subsidi-wagub-sumbar-lebih-tepat-sasaran

Ilustrasi BBM. [Foto: Skitterphoto/pixabay.com]

Langgam.id - Evaluasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi perlu dilakukan. Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengingatkan, penyalurannya agar lebih tepat sasaran.

"Kita sepakat distribusi subsidi BBM dievaluasi agar lebih tepat sasaran. Salah satunya dengan menggunakan teknologi digital," kata Audy Joinaldy di Padang, Senin (5/9/2022).

Menurutnya, harga maupun distribusi Migas, baik BBM maupun LPG, berdampak pada semua sendi kehidupan. Untuk itu, pendistribusiannya mesti tepat sasaran.

"Yang terpenting sekarang distribusi agar subsidi BBM yang diberikan betul-betul tepat sasaran. Paling mudah ya lewat digital, termasuk di Hiswana Migas, supaya distribusi subsidi BBM tepat, ke orang yang layak mendapatkan," kata Wagub.

Wagub juga berharap agar di bawah kepengurusan baru, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) dapat terus membuka komunikasi dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk pembangunan ekonomi Sumatera Barat.

"Kita harapkan Hiswana Migas dapat bahu membahu untuk perekonomian Sumbar. Karena peran sangat vital sekali, terutama untuk penyaluran BBM tepat sasaran," kata Wagub lagi.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut Putut Ardianto menyampaikan, semua kebijakan distribusi diimplementasikan langsung oleh Hiswana Migas. Peran serta Hiswana Migas dalam menyalurkan BBM sangat mutlak.

"Saat ini pemerintah menjalankan kebijakan public service obligation, salah satunya kebijakan subsidi tepat. Jadi bukan hanya melayani konsumen tanpa kita ketahui konsumennya, tetapi harus tau bagaimana kita melayani konsumen yang tercatat," kata Putut.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai pilot project kebijakan subsidi tepat yang sudah berlangsung sejak 1 Juli lalu.

Baca Juga: Hiswana Migas Diminta Fasilitasi Suplai BBM Subsidi Lancar di Padang

Terkait proses pendataan konsumen subsidi, Putut menerangkan masih terus bergulir melalui website subsidi tepat sampai nanti ditetapkan oleh peraturan Presiden siapa yang berhak atas subsidi BBM.

-----

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Siaga Darurat Gunung Marapi Diperpanjang Kembali
Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Marapi Kembali Erupsi
Marapi Kembali Erupsi
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo