Dukung Percepatan Pembangunan Perumahan, PT Semen Padang Tandatangani PKS dengan BP2p Sumatera III

Dukung Percepatan Pembangunan Perumahan, PT Semen Padang Tandatangani PKS dengan BP2p Sumatera III

Semen Padang tandatangani PKS dengan BP2P Sumatera III. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - PT Semen Padang bersama Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada Senin (24/6/2024) kembali melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Kolaborasi Pelaksanaan Bantuan Percepatan Pembangunan Perumahan yang ada di lingkup BPSP Sumatera III.

Bertempat di Kota Batam, Kepulauan Riau, penandatanganan PKS itu dilakukan Kepala BP2P Sumatera III Aldino Herupriawan dan Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Indrieffouny Indra. Acara itu turut disaksikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Ir. M Hidayat, MM yang hadir secara virtual.

Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengatakan, penandatanganan PKS ini merupakan yang kedua dilakukan. Sebelumnya pada Juni 2023 lalu, juga dilakukan penandatanganan PKS dengan BP2P Sumatera III tentang Percepatan Pemenuhan Rumah Layak Huni (RLH) Dalam Penanganan Kemiskinan Ekstrem melalui bantuan bahan material pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Riau, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Selama kerja sama dengan BP2P Sumatera III di tahun 2023, PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan semen untuk percepatan pembangunan perumahaan melalui pemberian program BSPS. Untuk di Sumbar, bantuan tersebut disalurkan di Kota Padang. Ada 114 zak semen yang diberikan untuk 57 unit rumah di Kota Padang. Kemudian di Kepri, disalurkan di Kota Batam dengan jumlah 100 zak semen untuk 50 unit rumah. Sedangkan di Riau, bantuan tersebut disalurkan di Pekanbaru dengan jumlah semen sebanyak 100 zak untuk 50 unit rumah.

"Selain di Pekanbaru, PT Semen Padang juga menyalurkan bantuan semen di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bantuan tersebut, juga sebagai upaya untuk percepatan pemenuhan rumah layak huni dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem," kata Indrieffouny dalam keterangan resmi, Selasa (25/6/2024).

PT Semen Padang, kata Indrieffouny, adalah perusahaan semen pertama di Asia Tenggara yang merupakan bagian dari SIG. Dalam penerapan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Semen Padang mengacu kepada Peraturan Mentri BUMN nomor Per-1/MBU/03/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL BUMN. Di mana dinyatakan bahwa pelaksanaan TJSL BUMN dilaksanakan berdasarkan 4 (empat) pilar utama, yaitu sosial, lingkungan, ekonomi, hukum dan tata Kelola.

"Untuk kerja sama dengan BP2P Sumatera III, ini sesuai dengan Pilar Sosial, yaitu memberikan bantuan produk untuk tercapainya percepatan pembagunan perumahan di BP2P Sumatera III dengan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Maka dari itu, kami pun mengucapkan terima kasih kepada BP2P Sumatera III yang telah melibatkan PT Semen Padang untuk berkolaborasi dalam percepatan pembagunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III," ujarnya.

Terkait PKS dengan BP2P Sumatera III untuk yang kedua kali ini, Indrieffouny mengatakan ada 2 poin yang disepakati dalam PKS tersebut. Pertama, PT Semen Padang memberikan bantuan produk berupa material semen dengan harga khusus dalam pelaksanaan percepatan bantuan pembangunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III melalui program TJSL perusahaan.

Kemudian yang kedua, PT Semen Padang bersama BP2P Sumatera III bersinergi dalam melaksanakan kerja sama pembangunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III menggunakan produk PT Semen Padang beserta produk turunannya seperti Sepablock dan lain sebagainya. "PKS ini berlaku selama 1 tahun sejak kami tandatangani bersama," bebernya.

Kepala BP2P Sumatera III Aldino Herupriawan, mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang atas kontribusinya dalam percepatan pemenuhan RLH Dalam Penanganan Kemiskinan Ekstrem melalui pemberian bahan material pada program BSPS di tahun 2023. Karena, kontribusi PT Semen Padang dalam percepatan pemenuhan RLH itu, sangat dirasakan oleh penerima manfaat.

"Ada 314 zak semen yang dibantu oleh PT Semen Padang untuk percepatan pemenuhan 157 RLH di tahun 2023. Selain sangat bermanfaat bagi penerima program BSPS, bantuan semen dari PT Semen Padang ini tentu saja sangat membantu kami dalam percepatan pemenuhan RLH. Alhamdulillah, BP2P Sumatera III dan PT Semen Padang kembali berkomitmen untuk program di tahun 2024 ini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Ir. M Hidayat, MM yang hadir secara virtual juga mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah ikut berkolaborasi pada program BSPS di BP2P Sumatera III sejak 2023. Dia berharap ke depannya, Kerja sama ini terus berlanjut tidak hanya untuk program BPSP, tapi juga untuk program lain yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian PUPR.

"Setelah adanya penandatangan PKS ini, tentunya ke depan kerjasama kita akan lebih intens dan sering lagi. Ada beberapa program kami yang bisa dikolaborasikan bersama. Di antaranya, rehab rekon rumah korban bencana. Sejauh ini kami juga berkolaborasi dengan berbagai LSM, Baznas dan lain sebagainya. Untuk itu, kami berharap ke depannya PT Semen Padang juga ikut berkolaborasi dalam rehab rumah korban bencana," katanya.(*/Fs)

Baca Juga

50 Penggiat Media Sosial Eksplorasi Semen Padang
50 Penggiat Media Sosial Eksplorasi Semen Padang
Fukratuz Zakiah, Atlet Binaan PT Semen Padang Sabet Juara III di Kejurnas Soft Tennis 2024
Fukratuz Zakiah, Atlet Binaan PT Semen Padang Sabet Juara III di Kejurnas Soft Tennis 2024
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan