Dukung Kesehatan Ibu Hamil, FKM Unand Gelar Edukasi KEK di Puskesmas Belimbing

Palanta Langgam - Dalam upaya mendukung kesehatan ibu hamil, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) menggelar edukasi tentang Kekurangan Energi Kronis (KEK) di Puskesmas Belimbing dari tanggal 21 hingga 31 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya asupan gizi yang cukup selama masa kehamilan.

Tim Pengabdian Masyarakat FKM Unand, yang dipimpin oleh Resmiati dan dibantu oleh mahasiswa termasuk Sarah Cania, membagi kegiatan ini menjadi dua sesi: edukasi menggunakan booklet dan leaflet. Pada tanggal 21 dan 22 Mei, sesi edukasi dengan booklet dilaksanakan di dua posyandu di kawasan Belimbing. Sebanyak 23 ibu hamil menerima booklet yang berisi informasi komprehensif mengenai KEK, dampaknya terhadap ibu dan janin, serta panduan praktis untuk mengatasi kekurangan energi kronis melalui pola makan seimbang dan gaya hidup sehat.

Selanjutnya, dari tanggal 21 hingga 31 Mei, tim juga membagikan 23 leaflet kepada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Belimbing. Leaflet ini dirancang lebih ringkas dengan fokus pada informasi kunci yang mudah dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebanyak 46 ibu hamil mendapatkan manfaat dari kegiatan edukasi ini. Mereka menerima media edukasi baik dalam bentuk booklet maupun leaflet yang diharapkan dapat membantu mereka memahami dan menerapkan pengetahuan tentang KEK selama kehamilan. Respon dari ibu hamil yang menerima booklet dan leaflet sangat positif, dengan banyak yang merasa terbantu dengan informasi yang diberikan dan menyatakan akan mulai memperbaiki pola makan mereka sesuai dengan panduan yang diberikan.

Kegiatan edukasi tentang KEK pada ibu hamil ini merupakan bagian dari komitmen FKM Unand dalam meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan anak di Kota Padang. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan diperluas ke wilayah lain agar lebih banyak ibu hamil yang mendapatkan manfaatnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan angka KEK pada ibu hamil dapat berkurang, sehingga dapat melahirkan generasi yang lebih sehat dan cerdas di masa mendatang. FKM Unand juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama kepada Puskesmas Belimbing yang telah memberikan fasilitas dan dukungan penuh selama pelaksanaan kegiatan.

Tag:

Baca Juga

Gedung Balai Kota yang berada dan merupakan salah satu cagar budaya di Padang, rencananya akan dijadikan museum oleh Pemko Padang.
Dipercantik, Pemko Padang Berencana Jadikan Balai Kota Lama Sebagai Museum
Pemko kembali menggelar napak tilas memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Kota Padang, Bagindo Aziz Chan pada Kamis (18/7/2024).
Pemko Padang Kembali Gelar Napak Tilas Memperingati Gugurnya Bagindo Aziz Chan
Satpol PP Padang mengamankan 21 muda-mudi di salah satu hotel di Kecamatan Padang Utara pada Selasa dini hari (16/7/2024).
Terjaring Razia di Hotel, 21 Muda-mudi Diamankan Satpol PP Padang
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan bahwa dari tahun 2017, kategori SAKIP Kabupaten Dharmasraya tidak
Evaluasi SAKIP, Bupati Sutan Riska Harap Dharmasraya Dapat Nilai BB
Dinkes Kota Padang Targetkan 95 Persen Cakupan Imunisasi PIN Polio
Dinkes Kota Padang Targetkan 95 Persen Cakupan Imunisasi PIN Polio
Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri
Diakomodir Disdikprov, Siswa yang Tak Tertampung Kini Bisa Bersekolah di SMA Negeri