DPRD Sumbar Siap Potong Anggaran Kegiatan untuk Hadapi Corona

Perda New Normal Sumbar

Ketua DPRD Sumbar Supardi. (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat (Sumbar) siap memotong sejumlah anggaran kegiatan dan menggesernya menjadi dana dalam penanggulangan wabah Virus Corona (Covid-19).

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, pihaknya mendukung penggeseran dan penghematan anggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar. Lembaganya juga akan segera melakukan hal sama, agar dana tersebut bisa digunakan untuk menghadapi Covid-19.

"Kita telah minta kepada Sekwan agar kembali melihat postur anggaran DPRD, mana saja yang bisa dirasionalisasikan lagi, prinsipnya kita setuju," ujarnya di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (24/3/2020).

Dia juga meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumatra Barat melakukan penghematan. Anggaran, katanya, harus sediakan, karena akan digunakan untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Baca juga : DPRD Sumbar Akan Setujui Perubahan Anggaran Hadapi Virus Corona

Terkait jumlah dana dari hasil pemotongan anggaran, kata Supardi, hingga saat ini masih belum dapat dipastikan. Dana itu, menurutnya, akan diambil dari anggaran perjalanan dinas ke luar daerah serta kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

"Acara seperti itu tidak bisa lagi terlaksana karena mengumpulkan banyak orang, kita akan gunakan untuk menguatkan kegiatan pemberantasan Covid-19," jelasnya.

Baca juga : Kritik Kebijakan Pemprov, DPRD Sumbar: Jangan Menunggu untuk Bertindak

Hal itu akan masuk dalam Anggaran Perubahan tahun 2020. Suoardi berharap, adanya pemotongan anggaran tersebut wabah Virus Corona juga bisa segera berakhir.

Baca Juga

Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) Kepala Daerah Sumbar 2023 DPRD Sumbar, berkonsultasi dengan Direktorat
Optimalisasi Pelaksanaan Rekomendasi DPRD ke Kepala Daerah, Pansus LKPJ Konsultasi ke Kemendagri
Komisi I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam. Dengan adanya rencana
Komisi I DPRD Sumbar Kunjungan ke Agam, Pengajuan DOB Bisa Terealisasi Usai Pilkada
Ketua DPRD Sumatra Barat (Sumbar) Supardi mengajak kalangan akademisi untuk berkontribusi dalam mengawal proses Pilkada
Ketua DPRD Sumbar Ajak Akademisi Kawal Pilkada
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengharapkan perempuan di Payakumbuh harus mampu mandiri secara ekonomi. Selain untuk meningkatkan ekonomi keluarga
Ketua DPRD Sumbar: Perempuan Harus Kreatif untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga
Duta KIP MAN 2 Pessel Dikukuhkan, Ujung Tombak Keterbukaan Informasi di Sekolah
Duta KIP MAN 2 Pessel Dikukuhkan, Ujung Tombak Keterbukaan Informasi di Sekolah
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada