Donor Darah Semen Padang Grup, 349 Kantong Diserahkan ke PMI

Donor Darah Semen Padang Grup, 349 Kantong Diserahkan ke PMI

Donor darah Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Ratusan karyawan Semen Group antusias mengikuti kegiatan donor darah yang digelar oleh Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Selasa (17/10/2023). Hasilnya, sebanyak 349 kantong darah terkumpul dan diserahkan ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang.

Dengan tema “Sekantong Darah, Sejuta Cinta Untuk Sesama”, donor darah yang digelar sejak pukul 08.00 WIB hinga pukul 16.00 WIB itu, juga diikuti masyarakat sekitar perusahaan. Menariknya, pada donor darah tersebut, SPSP pun menyediakan souvenir menarik untuk 250 pendonor.

Salah seorang karyawan PT Semen Padang bernama Nino Perdana menyebut bahwa dirinya merupakan salah satu karyawan Semen Padang yang rutin mengikuti setiap kegiatan donor darah. Bahkan untuk donor yang digelar SPSP ini, dirinya tercatat menjadi pendonor yang sudah 62 kali mendonorkan darahnya. "Alhamdulillah, ini yang ke 62 kali," kata Nino usai donor darah.

Nino pun menceritakan awal mulanya dia mendonorkan darahnya. Kata dia, itu berawal sejak dia kuliah di Palembang pada tahun 2001. Saat itu, ada saudara dari teman kuliahnya yang mengalami kecelakaan, dan butuh transfusi darah golongan O. Saat itu, Nino pun belum tau tipe golongan darahnya apa. Karena alasan kemanusiaan, dia pun menawarkan diri dan ternyata golongan darahnya sama.

"Selain alasan kemanusiaan dan untuk membantu sesama, donor darah ini juga membuat tubuh terasa lebih segar. Kemudian, dengan donor darah secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan kita." ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan pendonor lainnya, Yumendri yang mengaku sudah 36 kali ikut donor darah. Kata dia, donor darah membuat kita sehat, membantu sesama kita lebih utama. “Mungkin saat ini kita yang membantu, nanti bisa jadi kita yang menerima bantuan, makanya, yang terpenting bantulah selagi kita mampu." katanya.

Selain sisi kemanusiaannya, tambah Yumendri, beberapa literasi yang dibacanya menyebut bahwa dengan donor darah secara rutin, juga dapat membakar kalori, menurunkan kolestrol, menurunkan risiko kanker dan lain sebagainya. Kemudian, bagi lansia yang rutin donor darah sejak usia muda, akan memberikan banyak manfaat.

"Ini sudah banyak contohnya. Bahkan, sekarang ini banyak lansia yang rutin donor darah sejak muda memiliki kesehatan yang baik dan tetap prima di usia tua. Makanya, harus jadi contoh buat kita," pungkas Yumendri.

Kegiatan donor darah itu mendapat dukungan dan apresiasi dari manajemen PT Semen Padang. Seperti disampaikan Direktur Keuangan & SDM PT Semen Padang Oktoweri, donor darah merupakan agenda rutin PT Semen Padang yang digelar sekali dalam 2 bulan, atau 6 kali setahun. Terakhir, donor darah digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Untuk itu, dia pun mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan masyarakat yang telah berpartisipasi pada kegiatan donor darah ini.

Pada kesempatan itu, Oktoweri mengucapkan terima kasih kepada PMI Kota Padang yang telah memberikan kesempatan kepada PT Semen Padang untuk menggelar donor darah. Karena, kegiatan ini juga sebagai amal bakti perusahaan kepada bangsa dan negara. "Nah, bagi pendonor tentunya juga banyak manfaatnya. Terutama, dapat menjaga kesehatan," kata Oktoweri.

Ketua Umum SPSP Faisal Arif mengatakan bahwa donor darah ini digelar selain untuk mendukung program rutin perusahaan, kegiatan donor darah ini juga bertujuan untuk menampung karyawan Semen Padang Group dan masyarakat lingkungan, supaya mereka tidak perlu jauh-jauh mendonorkan darahnya ke UDD PMI Kota Padang.

"Pada donor darah ini, kami menargetkan sebanyak 300 kantong darah. Alhamdulillah, jumlah yang terkumpul ternyata jauh melebihi target. Dan, tentunya jumlah ini tidak terlepas dari banyaknya karyawan Semen Padang Group yang menjadi pendonor rutin. Bahkan, ada yang lebih dari 50 kali," kata Faisal Arif.

Ketua Bidang Pelayan PMI Kota Padang Ramli Parma yang hadir pada kegiatan donor darah tersebut, mengapresiasi PT Semen Padang yang terus menjadi perusahaan yang rutin menggelar kegiatan donor darah. Bahkan, kata dia, bisa dikatakan bahwa di Kota Padang ini, hanya PT Semen Padang satu-satunya perusahaan yang rutin 6 kali setahun menggelar donor darah.

"Kalau perusahaan lain, mungkin hanya 1 sampai 2 setahun mengadakan kegiatan donor darah, dan itu hanya pada momen-momen tertentu. Makanya, kami di PMI Kota Padang sangat berterima kasih kepada Semen Padang. Kami pun berharap, perusahaan lainnya di Padang juga dapat mencontoh apa yang dilakukan Semen Padang ini," katanya.

Kepala UDD PMI Kota Padang dr. Widyarman menyebut bahwa donor darah rutin yang digelar PT Semen Padang ini sangat besar manfaatnya bagi UDD PMI Kota Padang, di tengah meningkatnya kebutuhan darah di rumah sakit. Apalagi, kata dia, peningkatan kebutuhan darah itu sangat kontras dengan ketersediaan stok darah yang ada di UDD PMI Kota Padang.

"Orang sakit itu bertambah banyak, dan butuh darah yang banyak pula. Bahkan, sehari itu kebutuhan darah di rumah sakit ada sekitar 200 kantong. Sementara stok darah kita di UDD tidak aman. Kalau stok darah aman, minimal perhari itu ada 1000 kantong. Nah, sekarang ini stok darah kita rata-rata per hari itu di bawah 1000 kantong," katanya.

UDD Kota Padang, katanya, saat ini melayani kebutuhan darah untuk 30 rumah sakit di Kota Padang dan sekitarnya, termasuk melayani rumah sakit yang ada di luar Kota Padang. Karena, di Sumbar ini tidak semua daerah yang memiliki layanan Unit Donor Darah.

"Makanya, donor darah rutin Semen Padang ini sangat besar manfaatnya buat kami. Dan, tentunya ini adalah kontribusi sosial yang sangat luar biasa sekali. Mudah-mudahan, Semen Padang ini bisa menjadi contoh bagi perusaan lainnya di Kota Padang. Apalagi, manfaat donor darah itu sangat banyak. Selain menolong sesama, juga untuk kesehatan kita," ujarnya.(*/Fs)

Baca Juga

Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Sebanyak 722 unit bus disiapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk program mudik
Semen Padang Sediakan 3 Bus, Mudik Gratis dari Dumai ke Padang
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim
Semen Padang Dirikan Posko Trauma Healing untuk Korban Banjir Pessel
Semen Padang Dirikan Posko Trauma Healing untuk Korban Banjir Pessel
Selebrasi pemain Semen Padang FC Arsyad Yusgiantoro
Promosi ke Liga 1, Manajemen SP Apresiasi Semen Padang FC