Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI

Donor Darah HUT ke-66, PT Semen Padang Serahkan 429 Kantong Darah ke PMI

Kegiatan donor darah di PT Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Dalam rangka memperingati HUT ke-66 Pengambilalihan Pabrik dari Belanda, PT Semen Padang menggelar aksi sosial donor darah di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (10/7/2024). Bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang, sebanyak 429 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Donor darah yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada pukul 15.00 WIB itu, diikuti antusias oleh ratusan karyawan Semen Padang Group dan keluarga, termasuk masyarakat sekitar lingkungan perusahaan PT Semen Padang. Di tambah lagi, donor darah tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan band akustik.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, donor darah ini merupakan yang ketiga digelar dalam tahun 2024 ini. Dan, pihaknya merasa bersyukur dengan jumlah darah yang terkumpul sebanyak 429 kantong. "Alhamdulillah, jumlah yang terkumpul melebihi target," kata Anita.

Untuk itu, kata Anita, mewakili manajemen PT Semen Padang, ia mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah sukarela mendonorkan darahnya. "Mudah-mudahan darah yang kita donorkan ini bisa bermanfaat untuk saudara kita yang membutuhkan transfusi darah," ujarnya.

Bagi PT Semen Padang, sebut Anita, donor darah ini merupakan program rutin perusahaan yang digelar sekali dalam 2 bulan atau 6 kali setahun, dan donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian PT Semen Padang kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

"Semoga, kegiatan donor darah ini dapat meringankan beban PMI dalam memenuhi kebutuhan darah. Kemudian bagi pendonor, mudah-mudahan menjadi ladang amal. Karena, darah ini sangat dibutuhkan oleh saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan transfusi darah. Sampai sejauh ini tidak ada yang bisa menggantikan darah," bebernya.

Salah satu pendonor bernama Nino Perdana, mengaku sudah 66 kali ikut donor darah. “Donor darah kali ini cukup unik bagi saya, karena ketika saya mendonorkan darah ke 66, PT Semen Padang juga memperingati HUT ke-66 pengambilalihan dari Belanda, karena keunikan ini panitia memberikan saya hadiah untuk saya”, ungkapnya.

Karyawan PT Semen Padang lainnya, Athari Adi Putra, yang mengaku sudah 18 ikut donor darah. "Ya, semuanya saya lakukan pada kegiatan donor darah yang digelar oleh PT Semen Padang. Saya mau donor darah, karena manfaat dari donor darah itu sangat banyak," ujarnya.

"Donor darah juga bisa meminimalkan risiko kanker dan stroke. Menariknya lagi, donor darah juga dapat mendeteksi berbagai penyakit. Karena, sebelum mendonorkan darah, tentunya kita harus melewati sejumlah rangkaian pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit serius," katanya.

Pelantikan Pengurus PDDI Sumbar

Selain donor darah, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2024-2029. Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, dilantik sebagai Ketua PDDI Sumbar.

Pelantikan tersebut, dilakukan oleh Sekjen Pengurus Besar (PB) PDDI Munarni Aswindo, dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Lila Yanwar, yang hadir mewakili Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar, dan sejumlah tamu undangan.

Selain Oktoweri, PB PDDI juga melantik Dirut Bank Nagari Gusti Candra sebagai Wakil Ketua I PDDI Sumbar. Kemudian untuk Wakil Ketua III, adalah Guru Besar Fakultas Kedokteran Unand Prof. Dr. Hj. Eryati Darwin. P.A (K), dan Wakil Ketua III Hanura Rusli yang merupakan seorang politisi di Kota Padang.

Kemudian untuk Sekretaris Daerah PDDI Sumbar, dilantik Ramli Pama, Wakil Sekretaris Daerah Sandri Yazid, Bendahara Dedi India. S.P, dan Wakil Bendahara Vekky Anggalia Sy. Selain itu, juga dilantik Ketua Bidang Organisasi/Kelembagaan Drs. H. Nirwandi M.Pd dengan anggota AKBP. POL.(P) Alkalli, S.H.

Untuk Ketua Bidang Program/Kemitraan, dilantik Drs. H Syahrial P, dengan anggota Adilyawarman dan Ridwan Nasution, Ketua Bidang Dana Fariz Adam, BA. (Hons) dengan anggota Harry Hujilir, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Isa Kurniawan. S.Si dengan anggota Faisal Arif, S.T.M.M. IP.

Selanjutnya untuk Ketua Bidang Medis dan Tim Ahli, dilantik dr. Maya Anggun Suri. M. Biomed dengan anggota dr. Selfi Farisha. Kemudian untuk Ketua Bidang Umum, dilantik Jaenam M.Pd, dengan anggota Ichsan Djalaini, dan Joni Torang Hasibuan.

Pelantikan Pengurus Daerah PDDI Sumbar itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan PB PDDI Tahun 2023 No: 0O6/SK/PB-PDDI/I/2O24 tentang Pengangkatan Pengurus Daerah Provinsi Sumbar PDDI Periode 2024-2029 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PB PDDI Komjen Pol (P) Drs. H Adang Daradjatun.(*/Fs)

Baca Juga

Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Dirut Resmikan Kantor Perkumpulan Keluarga Pensiunan Semen Padang
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
Temukan Balon di Pohon Karet, Penyadap dapat Hadiah 30 Zak Semen
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan
HUT ke 66 Pengambilalihan dari Belanda, Dirut Semen Padang: Tetap Semangat Hadapi Tantangan
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto
Semen Padang Bantu 6 Unit Alat Tenun untuk Dolas Songket di Sawahlunto
Semen Padang Sosialisasi Budidaya Maggot di Kelurahan Rawang
Semen Padang Sosialisasi Budidaya Maggot di Kelurahan Rawang
Gandeng Unidha, Semen Padang Tingkatkan Kemampuan Manajemen Bisnis dan Keuangan Mitra
Gandeng Unidha, Semen Padang Tingkatkan Kemampuan Manajemen Bisnis dan Keuangan Mitra