DLH Uji Emisi Gas Buang 1.000 Kendaraan di Kota Padang

DLH Uji Emisi Gas Buang 1.000 Kendaraan di Kota Padang

Pengujian emisi gas buang kendaraan yang dilakukan DLH Kota Padang di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan Kesuma Negara, Lolong (Foto: Rahmadi / Langgam.id)

Langgam.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang uji emisi gas buang terhadap 1.000 kendaraan milik Pemerintah Kota (Pemko) dan kendaraan pribadi di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Lolong, Padang, Rabu (10/04/2019).

Kelapa Bidang Penataan dan Penegakkan Hukum Lingkungan DLH Kota Padang, Mairison menyebutkan, uji emisi guna pembinaan terhadap pemilik agar lebih merawat kendaraannya. Sehingga gas emisi yang dikeluarkan sesuai standar mutu yang ditetapkan.

"Ini merupakan upaya menjaga kualitas udara di Kota Padang, agar udara tetap baik dan memenuhi kriteria yang ditentukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujar Mairison.

Menurut Mairison, kendaraan yang tidak lulus uji emisi, tidak akan mendapatkan sanksi apapun. "Kami hanya memberi saran agar perawatan kendaraan lebih rutin. Bagi yang lulus, kami menandai dengan stiker dan pemberitahuan informasi kadar karbon dan lainnya yang dikeluarkan kendaraan tersebut," ungkapnya.

Pengujian emisi gas buang, dilaksanakan selama dua hari. "Target keseluruhan, itu 1.000 kendaraan. Kita laksanakan di dua lokasi, di sini dan besok di kawasan jalur By Pass, Kota Padang," jelasnya.

Dikatakan Mairison, pengujian emisi sudah dilaksanakan sejak 2007 lalu. "Sebelumnya, kita didanai kementerian. Kalau sekarang, dari Pemko Padang," ucapnya.

DLH Kota Padang mencatat, hingga saat ini, tingkat pencemaran udara di Kota Padang relatif baik dengan indek kualitas udara mencapai 95 persen. Target tersebut melampaui standar kualitas udara yang ditentukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yakni 60 persen.

"Jadi, indeks kualitas udara baik. Secara umum, ada tiga kriteria yang menjadi patokan kualitas udara, yaitu indeks kualitas tanah atau penutup lahan, pencemaran air dan kualitas udara. Rata-rata keseluruhan indeks nilainya 80, kualitasnya baik," ujar Mairison.

Mairison berharap, setiap pengendara tetap merawat kendaraannya secara rutin, agar kualitas udara tetap terjaga. "Dari tahun ke tahun, volume lalu lintas akan tetap ada kenaikan. Setiap kedaraan yang mengeluarkan emisi buruk, akan mempengaruhi kualitas udara dalam jangka waktu panjang. Jadi, tetap jaga dan rawat kendaraannya," jelas Mairison. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee