Ditlantas Polda Sumbar Berikan Bimbingan Gratis Pemohon SIM, Ini Jadwalnya

Ditlantas Polda Sumbar Berikan Bimbingan Gratis Pemohon SIM, Ini Jadwalnya

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya. (Foto: Irwanda/ Langgam)

Langgam.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatra Barat (Sumbar) memberikan bimbingan gratis bagi pemohon SIM semua golongan. Bimbingan gratis ini mulai teori dan praktek berkendara serta mematuhi aturan berlalu lintas.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, selama ini banyak masyarakat belajar mengemudi kendaraan secara otodidak. Sehingga kurang memahami aturan lalu lintas.

"Kurang memahami hierarki jalan, kurang memahami hak dan kewajiban seorang pengemudi kendaraan. Termasuk pengenalan rambu-rambu jalan, tentang larangan dan petunjuk, itu kurang paham," ujar Hilman kepada langgam.id, Senin (6/2/2023).

"(Maka) kami memberikan bimbingan secara teori dan praktek kepada masyarakat yang ingin membuat SIM atau yang sudah pernah buat SIM tapi gagal," sambungnya.

Bimbingan gratis ini, kata Hilman, dilangsungkan di Kantor Ditlantas Polda Sumbar di Jalan Nipah, Kota Padang. Pelayanan ini mulai berlaku hari ini, Senin (6/2/2023).

"Kami berikan setiap hari Senin dan Rabu. Untuk waktu pukul 14.00 - 16.00 WIB," jelasnya.

Hilman mengungkapkan, pihaknya melihat selama ini ujian teori berkendara menjadi momok bagi masyarakat. Hal ini didasarkan diduga karena takut tidak lulus.

"Akhirnya suap polisi-lah, pakai calo-lah. Mudah-mudahan dengan adanya bekal pengetahuan, bekal kemampuan masyarakat lebih percaya diri," katanya.

Ia menyebutkan, dengan pelayanan ini juga membuat masyarakat tidak semestinya melakukan pembuatan SIM dengan cara-cara yang salah.

"(Berlaku untuk) semua golongan SIM. Nanti ini juga akan diikuti seluruh jajaran polres di Sumbar," tuturnya.

Data Ditlantas Polda Sumbar, pada Bulan Januari 2023 ini terdapat penurunan pemohon SIM dibandingkan Desember 2022. Penurunan ini terjadi hingga 15 persen.

Hilman menduga, penurunan pemohon SIM terjadi diakibatkan diberlakukannya tilang elektronik atau ETLE. "Dengan tilang ETLE masyarakat merasa mungkin tidak ada razia dan pengawasan dari kepolisian. Sehingga enggan membuat SIM," kata dia.

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Polda Sumbar mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pencurian ternak jelang Hari Raya Idul Adha.
Polisi Ingatkan Warga Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal
Perkembangan Bencana di Sumbar per Selasa Malam, Kabiddokkes Polda Sumbar: 56 Orang Meninggal