Diskop UKM Padang Bekali Pelaku Usaha Pelatihan Pemasaran Digital

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dari 200 kuota Dita Digital yang disediakan, ada tujuh untuk Sumbar, Padang Pariaman dan Pessel.

Ilustrasi. (Foto: jmexclusives/pixabay.com)

Langgam.id - Perkembangan teknologi seperti saat ini, berimbas pada pemasaran produk. Pasalnya pemasaran produk secara digital lebih efisien, cepat dan mudah.

Sebab itu, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memberikan pelatihan pemasaran digital kepada pelaku UMKM agar produk yang dijual dapat menembus pasar yang lebih luas.

Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Fauzan Ibnovi mengatakan pelaku UMKM di Kota Padang terkonsentrasi di berbagai sektor seperti kuliner, ritel, jasa, kerajinan, fashion, pertanian dan lainnya.

"Pemberdayaan UMKM harus digenjot dan dioptimalkan, sehingga sektor ekonomi yang produktif ini dapat berkembang dan bertahan," kata Fauzan dihadapan pelaku UMKM dikutip dari Kominfo Padang, Rabu (11/10/2023).

Lanjutnya, Fauzan mengatakan berdasarkan konsep yang dikembangkan oleh Dinas Koperasi dan UKM saat ini berfokus agar UMKM dapat mengoptimalkan pemasaran produk secara digital.

"Sebab digital itu murah dan mudah, dengan digitalisasi cukup memasarkan dari mana saja. Dimulai dari mengoptimalkan media sosial kemudian diperkuat dengan e-commerce," tambahnya.

Dijelaskannya lagi, ia mengatakan semakin banyak follower semakin besar peluang. Dalam hal ini dinas tersebut mengajak kepada pelaku usaha untuk memasarkan produk secara digital dengan tujuan mempunyai kesempatan agar dijangkau secara luas oleh konsumen.

"Manfaatkanlah pelatihan ini dengan sebaik mungkin, semoga dapat memberikan manfaat bagi usaha kita," harapnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Koperasi, Jamilus menyebut peserta yang mengikuti pelatihan pemasaran digital terdiri 80 orang yang dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I diikuti sebanyak 40 pelaku UMKM dari tanggal 10,12-13 Oktober, dilanjutkan dengan gelombang II diikuti oleh 40 orang pelaku UMKM pada 17-19 Oktober mendatang yang diselenggarakan di salah satu hotel berbintang.

"Dengan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan terkait pemasaran digital, meningkatkan penjualan dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Salah seorang pelaku UMKM, Letvia Devita menyebut melalui pelatihan ini dapat meningkatkan skill terkait pemasaran produk di bidang digital.

"Semoga UMKM di Kota Padang lebih maju dengan memasarkan di platform digital dan bisa menerapkan ilmu dari pelatihan ini," jelas Letvia yang merupakan pemilik UMKM Pesona Songket. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Promosikan Start Up Never Give Up, Ricky Yanuarfi: Film Ini Selaras dengan Tujuan BNN RI
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan