Dirut Semen Padang Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Tanah Datar

Dirut Semen Padang Kunjungi Lokasi Banjir Bandang di Tanah Datar

Dirut Semen Padang mengunjungi lokasi bencana di Tanah Datar. (Foto: Dok. Humas SP)

Langgam.id - Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengunjungi lokasi bencana banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (18/5/2024).

Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari manajemen PT Semen Padang terhadap bencana alam yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) lalu.

Sebelum ke lokasi bencana, Dirut Indrieffouny didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis, Kepala Unit CSR Dedi M Siddiq, dan Kepala Unit Perencanaan & Evaluasi Tambang, Ilham Akbar, juga mengunjungi Posko Utama Bencana Banjir Bandang Lahar Dingin yang ada di kompleks Rumah Dinas Bupati Tanah Datar.

Kedatangan orang nomor satu di PT Semen Padang itu, disambut Bupati Tanah Datar Eka Putra, Sekdakab Tanah Datar Iqbal R, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, O Hendra R. Dalam kunjungan ke posko tersebut, Indrieffouny pun menyerahkan bantuan senilai Rp108 juta dari PT Semen Padang secara simbolis kepada Bupati Eka Putra.

"Kami dari Semen Padang turut berduka atas musibah banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan juga Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Semoga daerah yang terdampak cepat pulih dan bangkit dari bencana," kata Indrieffouny usai menyerahkan bantuan kepada Bupati Eka Putra.

Indrieffouny menyampaikan, PT Semen Padang sebagai anak usaha SIG, telah berada di lokasi bencana sehari pasca-bencana dengan mengirimkan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan bantuan sembako dan berbagai kebutuhan korban bencana ke dua lokasi yang terdampak, yaitu ke Tanah Datar, Agam dan ke Kayu Tanam Padang Pariaman.

Selain membantu SAR gabungan untuk pencarian korban yang masih hilang, relawan tersebut juga melakukan assessment terhadap dampak bencana.

"Berdasarkan asessment itu lah, Semen Padang pada Selasa (14/5/2024), mengirimkan berbagai bantuan untuk korban terdampak becana," ujar Indrieffouny.

Berbagai bantuan itu, katanya, seperti sembako, tim medis dan obat-obatan dari Semen Padang Hospital (SPH), dan sejumlah kebutuhan mendesak lainnya untuk para korban.

"Selain itu, Semen Padang juga mendirikan dapur umum dan melakukan trauma healing untuk anak-anak korban bencana, serta bantuan air bersih," bebernya.

Setelah menyerahkan bantuan ke posko bencana, rombongan Dirut PT Semen Padang kemudian mengunjungi Posko Semen Padang Peduli di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar. Di sana, Indrieffouny menyampaikan pesan kepada relawan TRC Semen Padang untuk mengutamakan kesehatan selama menjalani misi kemanusiaan di lokasi bencana.

Kemudian, rombongan berlanjut ke Posko Pengungsian di Masjid Ubudiyah, Nagari Parambahan, Kecamatan Limo Kaum, untuk meninjau pemeriksaan kesehatan gratis warga terdampak oleh tim medis dari Semen Padang Hospital bersama dinas kesehatan, dan juga kegiatan trauma healing yang dilakukan oleh relawan dari Unit CSR PT Semen Padang.

Kegiatan trauma healing itu, disambut antusias puluhan anak-anak korban bencana yang berusia sekitar 4-10 tahun. Mereka pun tampak bahagia, dan seolah-seolah duka yang baru sepekan ini mendera mereka telah hilang tergantikan oleh kehadiran tim trauma healing dari PT Semen Padang. Pada kegiatan tersebut, tim trauma healing juga membagikan susu dan juga aneka mainan anak-anak.

Kegiatan di posko pengungsian itu diakhiri dengan foto bersama antara Dirut PT Semen Padang dengan puluhan anak-anak korban bencana. Dan, selanjutnya rombongan menuju lokasi bencana untuk melihat jembatan darurat di Nagari Parambahan. Jembatan tersebut, dibangun oleh relawan TRC Semen Padang bersama masyarakat setempat.

Usai mengunjungi lokasi bencana banjir bandang lahar dingin di Tanah Datar, rombongan PT Semen Padang kemudian meninjau lokasi bencana banjir bandang kahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam, sekaligus penyerahan bantuan simbolis dari PT Semen Padang yang diserahkan oleh Kepala Unit CSR Dedi M Siddiq kepada Sekdakab Agam Edi Busti.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menerima bantuan dari PT Semen Padang, mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari manajemen PT Semen Padang. "Semoga kami semua bisa melewati ujian ini. Doakan kami bangkit. Kami berharap Semen Padang jangan meninggalkan kami. Bantu kami bangkit dari bencana ini. Semen Padang adalah garda terdepan," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa sebagai perusahaan semen kebangaan masyarakat Sumbar, Semen Padang selalu peduli tidak hanya pada bencana, tapi juga aktif di berbagai kegiatan lainnya. Bahkan di Tanah Datar, PT Semen Padang juga mendukung pengembangan ikan bilih yang merupakan ikan endemik di Danau Singkarak.

"Kami bangga dengan Semen Padang. Sebagai bentuk kebangaan kami, semua pekerjaan insfrastruktur di Tanah Datar harus pakai Semen Padang, dan bukan berarti semen merek lain tidak boleh. Tapi ini kami lakukan, karena siapa lagi yang akan membesarkan semen kebangaan masyarakat Sumbar ini kalau bukan kita," ujarnya.(*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
PB Sumatera Jaya Rutin Gelar Turnamen, Pj Wako Padang Berikan Apresiasi
PB Sumatera Jaya Rutin Gelar Turnamen, Pj Wako Padang Berikan Apresiasi
Harga Bawang Putih di Pasar Sawahlunto
Sempat Melonjak, Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Padang Panjang Mulai Turun
OceanX Sampaikan Info Hasil Penelitian Bawah Laut Padang ke Pj Wako
OceanX Sampaikan Info Hasil Penelitian Bawah Laut Padang ke Pj Wako
Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Dukung Sektor Pendidikan dan Peningkatan Prestasi Pelajar di Sumbar
Gubernur Mahyeldi Tegaskan Komitmen Dukung Sektor Pendidikan dan Peningkatan Prestasi Pelajar di Sumbar
Viralnya Anak SMP Menghina Korban Genosida di Palestina: Pentingnya Moral dan Etika dalam Penggunaan Media Sosial
Viralnya Anak SMP Menghina Korban Genosida di Palestina: Pentingnya Moral dan Etika dalam Penggunaan Media Sosial