Dirikan Bangunan Tak Sesuai IMB, 2 Petak Toko di Payakumbuh Disegel

Banguan Disegel karena Tak Sesuai IMB

Penyegelan terhadap dua petak toko di Kota Payakumbuh yang dinilai bangunannya tidak sesuai IMB (Foto: Humas Pemko Payakumbuh)

Langgam.id - Dua petak toko satu lantai yang baru saja selesai dibangun, bertempat di RW 2 Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh disegel tim penertiban bangunan daerah itu.

Penyegelan bangunan tersebut berdasarkan Peraturan Wali Kota Payakumbuh tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan dan Pengendalian Bangunan. Dan diduga, dua petak toko itu, bangunannya tidak sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Penyegelan itu sontak mengundang perhatian warga setempat serta pengguna jalan yang melewati jalur tersebut, sehingga sedikit membuat kemacetan.

Meskipun di depan bangunan itu terpampang plang IMB dengan nomor: 493/XI/IMB/BPMD-PTSP/PYK-2016. Namun, praktiknya tidak sesuai antara izin dengan bangunan yang telah berdiri saat ini.

Bahkan diketahui, tim internal dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah memberikan teguran. Tapi, tak diindahkan oleh pemilik.

Menanggapi hal itu, Eka Diana Rilva, Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang yang bertindak sebagai koordinator penyegelan menyebutkan bahwa bangunan itu tidak sesuai dengan IMB yang diterbitkan.

“Bangunan ini kita segel karena menyalahi aturan IMB” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Kamis (13/2/2020).

Saat penyegelan, ternyata pemilik dua petak toko itu tidak berada di lokasi, karena sedang berada di Pekanbaru.

Lurah NDB, Ari Ashadi mengatakan, bahwa tindakan tersebut merupakan langkah tegas yang dilakukan oleh pemerintah. “Sesuai dengan arahan Pak Kadis PU dalam rapat sebelumnya, bahwa tahun 2020 ini tidak ada kompromi untuk bangunan yang melanggar aturan. Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat NDB agar mematuhi aturan terkait pendirian bangunan,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, bahwa direncanakan ada lima lokasi yang akan disegel. Namun, beberapa diantarannya sudah mengurus pembaharuan IMB. (*/ZE)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh