Dinkes Padang Catat 96,2 Persen Ibu Hamil Sudah Lakukan Pengukuran LiLA

Dinkes Padang Catat 96,2 Persen Ibu Hamil Sudah Lakukan Pengukuran LiLA

Kabid Kesmas Dinkes Padang, Lidia Febrina. (Foto: Diskominfo Padang)

Langgam.id - Dinas Kesehatan Kota Padang menyatakan sebanyak 96,2 persen atau sebanyak 16.917 ibu hamil di Kota Padang telah melakukan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA).

Pengukuran LiLA itu bertujuan untuk mendeteksi terlebih dini ibu hamil yang kekurangan protein. Sehingga, dapat diambil tindakan kesehatan dan memastikan bayi yang akan dilahirkan dalam keadaan sehat dan terpenuhi gizinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat, dr. Lidia Febrina menjelaskan terdapat 17.585 ibu hamil di Kota Padang.

"Itu artinya, sebanyak 96,2 persen ibu hamil di Padang telah melakukan pengecekan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LiLa)," jelas Kabid Kesmas dr. Lidia Febrina dikutip dari Diskominfo, Kamis (4/7/2024).

Dikatakannya, batas nilai normal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk pengkuran LiLA yaitu 23,5 cm. Jika seorang wanita atau ibu hamil memiliki LiLA yang kurang dari 23,5 cm, ia dianggap memiliki status gizi yang kurang dan mengalami KEK.

"Saat hamil, kesehatan dan nutrisi merupakan hal penting dan wajib dijaga oleh seorang ibu. Adapun cara mengukur LiLA (lingkar lengan atas) dapat menjadi acuan bagi kesehatan ibu hamil," jelasnya.

Ia melanjutkan, apabila KEK dialami oleh seorang ibu hamil, maka berisiko menimbulkan dampak buruk bagi dirinya dan janinnya.(*/Fs)

Baca Juga

Kasus DBD Padang di awal 2024 ini mengalami penurunan dibandingkan 2023 lalu. Berdasarkan data Dinas Kesehatan, total kasus DBD di Padang
Kasus DBD di Padang Turun, Dinkes Tetap Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan
Hewan peliharaan
Dinkes Padang Pantau Kondisi 22 Korban Gigitan Anjing Rabies
Langgam.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 101 anak positif terpapar penyakit campak.
Data Dinkes: 101 Anak di Kota Padang Positif Campak Tahun Ini
LBH Padang Minta Dinkes Tanggung Biaya Pemulihan Korban Dugaan Malapraktik
LBH Padang Minta Dinkes Tanggung Biaya Pemulihan Korban Dugaan Malapraktik
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dinkes Kota Padang masih memantau proses hukum terkait kasus salah beri obat mata
Ini Kata Dinkes Soal Puskesmas Salah Beri Obat Mata untuk Anak di Padang
Ramayana Plaza Andalas Padang sepi pengunjung., jam operasional (Foto: Irwanda)
Libatkan Berbagai Perusahaan dan Swalayan, Pemko Kembali Gelar Padang Great Sale Meriahkan HUT ke 355