Dinkes Padang Catat 22 Kasus Gigitan Hewan Rabies hingga November 2023

Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat ada sebanyak 22 orang warga digigit anjing gila selama Januari hingga November 2023.

Vaksinasi rabies oleh Pemko Padang. (Foto: Diskominfo)

Langgam.id - Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat ada sebanyak 22 orang warga digigit anjing gila selama Januari hingga November 2023.

Kasus rabies yang menyerang warga Padang pada 2023 tersebut terjadi di kawasan Simpang Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

"Di tahun 2023 hanya itu kasus yang ditemukan, sekarang kasusnya sudah selesai, mereka yang tergigit sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah divaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Srikurnia Yati dikutip dari laman Facebook, Senin (4/12/2023).

Srikurnia mengungkapkan bahwa pada 2022 lalu, tidak ada ditemukan kasus gigitan anjing rabies. Pihaknya terus berupaya berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk melakukan pemberian vaksin kepada Hewan Penular Rabies (HPR).

"Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Padang terus memantau kondisi korban gigitan anjing tersebut. Tidak ada gejala lain, semua sudah sehat," bebernya.

Ia menjelaskan bahwa setelah terjadinya gigitan, petugas kesehatan telah memberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) kepada seluruh korban untuk mencegah infeksi.

Srikurnia pun mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai hewan yang berkeliaran. Hewan tersebut bisa saja mengidap rabies dan membahayakan siapa saja ketika menggigit.

"Kepada pemilik hewan peliharaan untuk aktif memberikan vaksin anti rabies kepada peliharaannya," ujarnya. (*/yki)

Baca Juga

Sekda Padang Andree Algamar dorong ASN di lingkungan Pemko Padang untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan efisien kepada
Sekda Dorong ASN Pemko Padang Berikan Pelayanan Publik Efektif dan Efisien
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang terus berupaya meningkatkan kapasitas semua pengurus dan anggota. Termasuk bagi ketua dan
DWP Kota Padang Gelar Workshop dan Lomba Make Up Class
BPK Perwakilan Sumatra Barat kembali melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang Tahun 2023.
BPK Periksa LKPD 2023, Sekda: Semoga Pemko Padang Kembali Raih Opini WTP
Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar mengatakan, bahwa progres pembangunan Pasar Raya Fase VII hingga Februari 2024 sudah mencapai 58 persen.
Wawako Padang: Progres Pembangunan Pasar Raya Fase VII Capai 58 Persen
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang
Pemko Padang Turunkan Tim Bersihkan Drainase di Jati Koto Panjang
Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, pelaksanaan program kegiatan Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan yang diterapkan bagi peserta
Wako Padang: Pelaksanaan Program Mulok Keminangkabauan Berjalan Baik