Diklaim Bisa Menekan Risiko Infeksi Covid-19, Molnupiravir Akan Hadir Akhir Tahun 2021

Diklaim Bisa Menekan Risiko Infeksi Covid-19, Molnupiravir Akan Hadir Akhir Tahun 2021

COVID-19 experimental antiviral drug MOLNUPIRAVIR, two white pills with letters engraved on side, potential experimental WHO Coronavirus cure, pandemic outbreak crisis, isolated on blue background

Langgam.id – Menteri Kesehatan Budi Gunaidi Sadikin sebut akhir tahun 2021 obat Covid-19, Molnupiravir akan segera tiba di Indonesia. Obat ini telah diawasi secara ketat sejak bulan lalu dan diklaim dapat mengurangi separuh kemungkinan kematian atau dirawat di rumah sakit akibat infeksi Covid-19.

"Molnupiravir diharapkan sudah tiba di Indonesia akhir tahun ini dan kita mudah-mudahan sudah siap menggunakannya tahun depan. Mudah-mudahan enggak ada gejolak," jelas Budi dikutip Langgam.id dari Tempo.co dalam konferensi pers daring, Senin, (15/11/2021).

Para ahli menyebut bahwa penemuan Molnupiravir merupakan penemuan potensial untuk mengurangi resiko infeksi Covid-19. Obat ini diketahui telah diawasi dengan ketat sejak bulan lalu.

Budi menyampaikan bahwa obat-obatan tersebut telah disiapkan. Saat ini pihaknya tengah menunggu izin dari Food Drug Administration (FDE) terkait izin penggunaan darurat alias emergency use of authorization (EUA) Molnupiravir
.
"Diharapkan awal Desember ini sudah keluar dari sana," harap Budi.

Budi pada kesempatan yang sama mengungkapkan Kementrian Kesehatan saat ini tengah melakukan pengkajian lebih jauh terkait obat alternatif lain yang memiliki khasiat serupa dengan molnupiravir.

"Kami terus kerja sama dengan BPOM untuk mengkaji obat tersebut," terang Budi.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Langgam.id - Andre Rosiade mengakui kenegarawanan Prabowo Subianto dan ditunjukkan dengan bergabung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.
Andre Rosiade: Kimia Farma Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
156 Obat Sirop Boleh Diresepkan, Dinkes Diminta Lakukan Pengawasan
156 Obat Sirop Boleh Diresepkan, Dinkes Diminta Lakukan Pengawasan
Langgam.id - Sebanyak empat warga (anak) di Kabupaten Agam mengalami gagal ginjal akut, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
Kemenkes Pastikan Tak Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dengan Covid-19