Dihadiri Bupati se-Indonesia, Presiden Jokowi Buka Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo 2024

InfoLanggam – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Tahun 2024, Apkasi Otonomi Expo 2024 dan Apkasi Procurement Network 2024, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (10/7/2024) itu dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, serta Bupati se-Indonesia.

Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan bahwa Apkasi direncanakan akan melaksanakan tiga even besar sekaligus.

Yaitu Rapat Kerja Nasional Tahun 2024 yang akan dihadiri oleh Bupati seluruh Indonesia, selaku anggota Apkasi. Apkasi Otonomi Expo 2024, yang dilangsungkan dari 10 sampai 12 Juli itu diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Propinsi, Kementerian, Perusahaan Swasta Nasional dan Multinasional.

Kemudian, Apkasi Procurement Network 2024, yang diikuti oleh perusahaan penyedia barang atau jasa pemerintah yang produknya terdaftar dalam katalog LKPP.

Ia menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Rakernas Apkasi 2024 ini, selain mengevaluasi program kerja organisasi dan menetapkan Arah Kebijakan Program Kerja Apkasi Tahun 2025, juga akan menyusun rekomendasi strategis kepada pemerintah dan DPR RI. Terkait dengan sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

"Sedangkan pelaksanaan Apkasi Otonomi Expo 2024 bertujuan untuk mempromosikan berbagai produk unggulan daerah, aneka komoditi dan peluang investasi,perdagangan dan destinasi wisata guna meningkatkan perekonomian daerah,” ujar Bupati Dharmasraya ini.

Sutan Riska juga menyampaikan kepada Presiden bahwa even Apkasi Procurement Network 2024 yang diselenggarakan secara berkala ini, bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran pemerintah daerah melalui belanja barang atau jasa pemerintah.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan dukungan Apkasi dalam mewujudkan Gerakan Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri. (*)

Baca Juga

Sekretaris Daerah Dharmasraya Adlisman resmi membuka Adhyaksa Fair 2024, yang digelar di pelataran parkir Kejaksaan Negeri Dharmasraya,
Sekda Resmi Buka Adhyaksa Fair Kejari Dharmasraya Tahun 2024
TP PKK Dharmasraya menggelar Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Dharmasraya 2024 di Alinea Farm & Park, Nagari Sitiung pada Kamis, (4/7/24)
Bupati Sutan Riska Buka Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten Dharmasraya
Menindaklanjuti Peraturan Presiden tentang penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Dharmasraya resmikan Mal Pelayanan
Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Softlaunching Mal Pelayanan Publik
Nagari Sungai Limau merupakan sebuah nagari yang terletak di Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat.
Realisasi PBB Nagari Sungai Limau di Dharmasraya Capai 89 Persen
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dharmasraya menerima zakat profesi dari personel Polres Dharmasraya pada Rabu (19/6/2024).
Baznas Dharmasraya Terima Zakat Profesi dari Personel Polres Dharmasraya
Baznas Dharmasraya berkolaborasi dengan Polres Dharmasraya memberikan bantuan bedah rumah tidak layak huni tahun 2024.
Warga Nagari Sungai Duo Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Polres dan Baznas Dharmasraya