Digelar Juni Nanti, Sekda Kukuhkan Panitia MTQ XII Tingkat Dharmasraya

Sekda Dharmasraya, Adlisman mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XII tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Suasana pengukuhan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XII tingkat Kabupaten Dharmasraya. [foto: Pemkab Dharmasraya]

InfoLanggam - Sekda Dharmasraya, Adlisman mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XII tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Camat Sungai Rumbai, Rabu (15/5/2024). Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kakan Kemenag, Ketua MUI Dharmasraya, dan Camat.

Dalam kesempatan itu, Adlisman membacakan amanat tertulis dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Ia mengatakan bahwa MTQ merupakan sebuah ajang memperkenalkan keindahan Alquran kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

"Serta meningkatkan persaudaraan sebagai energi kolektif guna meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa di Kabupaten Dharmasraya," ujar Adlisman.

Menurut Adlisman, MTQ bukan sekedar hajatan formalitas atau mengejar prestasi dan gelar juara. Tetapi yang lebih penting adalah menjadi momentum untuk mensyiarkan Alquran sekaligus mengamalkan isi dan kandungan Alquran.

Ia menyebutkan, MTQ tingkat Kabupaten merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas MTQ untuk tingkat selanjutnya. Sehingga saat sekarang ini bukan hanya bidang tilawah saja yang diperlombakan, tapi telah mempunyai beberapa cabang. Seperti Syarhil Qur’an, tartil, hifzil qur’an dan lain lain.

“Oleh sebab itu, saya atas nama pemerintah Kabupaten Dharmasraya mengharapkan kepada seluruh panitia yang dikukuhkan, agar dapat bekerja sesuai dengan tugas yang telah diembankan kepada masing-masing panitia," ucapnya.

"Apabila dikerjakan dengan penuh keikhlasan serta integritas yang tinggi maka apa yang kita harapkan dan kita cita-citakan bersama akan tercapai dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah,” sambungnya.

Selain itu, pelaksanaan MTQ merupakan program pemerintah daerah agar masing-masing kecamatan menyiapkan para kafilah ataupun peserta untuk penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Dharmasraya XII.

“Saya mengharapkan bahwa momentum MTQ merupakan sarana agar tercipta dan terjaganya ukhuwah islamiyah di Kabupaten Dharmasraya, khususnya di Kecamatan Sungai Rumbai. Demi terwujudnya masyarakat yang agamis, santun dan beretika," ujar Adlisman.

"Kami selaku pengayom masyarakat tentu tidak menginginkan event MTQ menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Dan penyebaran isu negatif tentang kinerja panitia atau dewan juri,” tambahnya.

Oleh karena itu kata Sekda, pikiran dan image negatif akan melahirkan perpecahan di kalangan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, berkompetisilah secara sehat dan sewajarnya. Karena juara bukanlah tujuan utama.

"Namun yang terpenting bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Alquranul Karim diimplementasikan dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari," harapnya.

Diketahui, MTQ Nasional XII Tingkat Kabupaten Dharmasraya akan diselenggarakan di Kecamatan Sungai Rumbai, 25-28 Juni yang akan datang.

Kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan anggota khafilah dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Dharmasraya. (*/yki)

Baca Juga

Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat
Pemkab Dharmasraya memperoleh penghargaan dari BPJS. Penghargaan itu diterima Pemkab Dharmasraya atas keberhasilan kepesertaan 100
100 Persen Penduduk Terlindungi Jaminan Kesehatan, Dharmasraya Raih Penghargaan BPJS
Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan
Lepas 248 JCH Asal Dharmasraya, Bupati Sutan Riska: Jaga Kesehatan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan fungsional sebanyak 486 PPPK) di Lingkungan
Bupati Dharmasraya Lantik 486 PPPK Formasi Tahun 2023
Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya menggelar halal bi halal dalam rangka hari kemenangan Idul Fitri 1445 H
Dinas Pendidikan Dharmasraya Gelar Halal Bi Halal
Memasuki Tahun Ajaran Baru 2024/2025 di Kabupaten Dharmasraya, muncul pemberitaan di kalangan masyarakat terkait akan adanya pergantian
Kata Dinas Pendidikan Dharmasraya Soal Isu Terkait Ketentuan Pergantian Seragam Sekolah