Dies Natalis ke 43, UBH Miliki Rasio Doktor Dekati 35 Persen

Dies Natalis ke 43, UBH Miliki Rasio Doktor Dekati 35 Persen

Sidang senat terbuka Dies Natalis ke 43 Universitas Bung Hatta. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Universitas Bung Hatta (UBH) di momen Dies Natalis ke 43 sudah mampu mencapai rasio dosen berpendidikan S3 atau doktor mendekati 35 persen atau tepatnya sebesar 34,47 persen.

Angka itu merupakan yang tertinggi di seluruh wilayah LLDikti X mencakup Sumatra Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Rektor UBH, Prof. Dr. Diana Kartika mengatakan hingga April 2024 ini Universitas Bung Hatta memiliki 91 dosen dengan gelar Doktor, 60 orang Lektor Kepala, 9 orang Guru Besar dengan total dosen sebanyak 264 orang.

"Kita sudah punya doktor 91 orang dari keseluruhan jumlah dosen. Rasionya mencapai 34,47 persen," katanya dalam Dies Natalis ke 43 UBH di Convention Hall, Kampus I Ulak Karang, Senin (27/5/2024).

Disebutkan juga, bahwa semua program studi di Universitas Bung Hatta telah memperoleh akreditasi, untuk Institusi Baik Sekali. Sedangkan untuk Prodi, telah memperoleh akreditasi Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Akreditasi ini diperoleh dari BAN-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri yang saat ini menentukan nilai akreditasi demi menjamin lulusan yang berkualitas.

Hal lain yang membanggakan, dalam laporan Rektor disebutkan juga, bahwa 3 Program Studi yang saat ini ditawarkan oleh Universitas Bung Hatta sudah mengantongi akreditasi internasional, yaitu Prodi Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. Perolehan ini adalah sesuatu yang harus kita apresiasi dan didorong agar kedepan Universitas Bung Hatta tumbuh menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Bermartabat menuju Universitas Kelas Dunia.

Didalam perjalanan usia Universitas Bung Hatta ke 43, tetap berkomitmen untuk memastikan nilai-nilai Kebunghattaan yang diwadahi dalam kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) Bung Hatta bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta terutama Mahasiswa baru dari seluruh prodi.

Pendidikan karakter adalah bagaimana mahasiswa Universitas Bung Hatta kedepan memiliki suatu keunggulan secara komparatif dengan kecirian karakter dan kepribadian yang religius, santun, jujur, dan disiplin.
Ditempat yang sama, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Bung Hata dalam hantarannya menyampaikan bahwa tantangan ke depan akan menjadi motivasi bagi segenap civitas akademika Universitas Bung Hatta dengan bercermin dari pengalaman masa lampau.

"Dalam memperingati Dies Natalis ke-43, capaian yang telah diperoleh oleh Universitas Bung Hatta menjadi tolok ukur untuk meningkatkan capaian-capaian di masa mendatang, baik secara internal maupun eksternal," imbuhnya.

Senada dengan itu, Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Bung Hatta Prof.Ganefri, P.hD, menyebutkan, Dies Natalis ke-43 adalah momentum untuk merefleksikan atas pencapaian yang telah berhasil diraih di tahun sebelumnya.

"Secara nasional dan internasional, kualitas dosen Universitas Bung Hatta unggul dengan kualifikasi pendidikan, sitasi, penelitian, dan sebagainya. Perguruan tinggi yang akan tumbuh dan berkembang di era teknologi ini adalah lembaga yang memiliki nilai-nilai yang kuat. Universitas Bung Hatta telah memiliki nama dengan menjunjung tinggi nama Proklamator RI Bung Hatta," katanya.

Ia juga menekankan rasio jumlah dosen berpendidikan S3 di UBH yang mencapai 34,47 persen merupakan angka yang tinggi. Bahkan, imbuhnya, Universitas Negeri Padang (UNP) saja baru mencapai rasio dosen bergelar doktor sekitar 32 persen.

"Civitas akademika Universitas Bung Hatta ke depan diharapkan lebih meningkatkan rasa kebersamaan, egaliter, dan bersatu untuk meningkatkan SDM demi kemajuan lembaga besar ini,"tambah Prof. Ganefri.

Sementara itu, Putri sulung Bung Hatta Prof. Dr. Meutia Farida Hatta dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan pencapaian yang telah berhasil dicapai, ke depan Universitas Bung Hatta dapat meningkatkan pengembangan ilmu civitas akademika, lulusan, relasi dunia kerja bagi lulusan. Program studi yang tersedia representatif dengan kebutuhan zaman. Dengan demikian, Universitas Bung Hatta kokoh sebagai perguruan tinggi yang unggul dan terkemuka di tingkat nasional maupun internasional.

Orasi ilmiah disampaikan oleh Dosen Muda Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Amelia Sriwahyuni Lubis, S.Pi., M.Si memaparkan makalah tentang Prospek Pengembangan Marikultur Untuk Meningkatkan Kesejahteraa Masyarakat.

Usai orasi Ilmiah, Rektor Universitas Bung Hatta menyerahkan piagam penghargaan kepada para tenaga kependidikan teladan, dosen terbaik. Peneliti terbaik, pengabdi terbaik dan mahasiwa berprestasi di lingkungan Unversitas Bung Hatta. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda
Gubernur Sumbar Minta Semangat Perang Manggopoh Diwariskan Generasi Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Reformasi (Bagian II): Introspeksi
Reformasi (Bagian II): Introspeksi
Demi Kemajuan Sumatra Barat, Kita Lebih Butuh Pulang Kampung daripada Merantau
Demi Kemajuan Sumatra Barat, Kita Lebih Butuh Pulang Kampung daripada Merantau
Festival Tari Kreasi dan Kuliner di Dharmasraya, Syafruddin Putra: Upaya Mempertahankan Budaya Minang
Festival Tari Kreasi dan Kuliner di Dharmasraya, Syafruddin Putra: Upaya Mempertahankan Budaya Minang