Dibantu Semen Padang, Tempat Wudhu MTsS dan MA Limau Manis Diresmikan

Dibantu Semen Padang, Tempat Wudhu MTsS dan MA Limau Manis Diresmikan

Tempat wudhu sekolah bantuan Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Yayasan Amanah Umat yang menaungi MTsS Limau Manis dan MA Limau Manis yang berada di Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang, meresmikan fasilitas tempat wudhu dan WC sekolah yang dibangun PT Semen Padang.

Peresmian fasilitas sekolah itu ditandai dengan pembukaan kran air tempat wudhu oleh Ka Sie Keuangan & Umum Unit CSR PT Semen Padang Nila Puspa Reni, Ketua KAN Limau Manis Zulkifli Dt Rajo Gumayang, Kasi Tapem Camat Pauh Stevie, dan Ketua Yayasan Amanah Umat Erman.

Ketua Yayasan Amanah Umat Erman mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah membangun fasilitas sekolah berupa tempat wudhu dan WC. Karena, fasilitas ini sangat vital dan pihaknya sudah lama menginginkan adanya WC dan tempat berwudhu di sekolah ini.

"Selama ini, para siswa yang hendak buang air kecil dan besar, serta bewudhu harus ke masjid yang ada di samping sekolah. Makanya, dengan adanya bantuan dari Semen Padang ini, kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang yang telah membantu kami," katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (6/10/2023).

Dia juga menyampaikan sejarah berdirinya sekolah MTsS dan MA Limau Manis. Kata dia, sekolah ini berdiri tahun 1987 dengan moto "Ikhlas Beramal". Saat didirikan, sekolah ini awalnya diperuntukkan untuk Madrasah Diniyah. Beberapa tahun kemudian, muncul keinginan mengubah Madrasah Diniyah menjadi Madrasah Tsanawiyah atau MTs.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, dibangunkan 1 lokal dengan cara bergotong-royong. Kemudian dalam perjalanan tahun demi tahun dan semangat yang luar biasa dari para guru dan pengurus yayasan, akhirnya sekolah terus berkembang dan dibangunlah Madrasah Ibtidaiyah swasta atau MIS yang pada akhirnya, MIS berubah menjadi sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Padang.

"Selain membangun MIS, kami pun juga mendirikan MA Swasta Limau Manis. Dan, tamatan sekolah ini sudah banyak yang lanjut kuliah di Politeknik Negeri Padang, UIN Imam Bonjol. Bahkan, ada yang lanjut kuliah di UIN Walisongo, Semarang," bebernya.

Kepala MTsS Sariyanto menyebut bahwa bantuan pembangunan fasilitas tempat berwudhu dan WC sekolah oleh PT Semen Padang ini sejalan dengan program madrasah seperti salat 5 waktu. Pada program ini, para guru mengontrol semua siswa dan siswi apakah mereka salat atau tidak dengan menyediakan buku agenda salat yang harus diisi oleh siswa.

"Seperti salat Subuh misalnya. Sebelum aktivitas belajar dimulai, para guru akan memeriksa setiap buku agenda salat para siswa-siswi. Jika ditemukan ada yang tidak salat Subuh, maka guru akan meminta mereka untuk berwudhu dan salat di depan teman-temannya," kata Sariyanto.

Ketua KAN Limau Manis Zulkifli Dt Rajo Gumayang mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan untuk MTsS dan MA Limau Manis. Semoga, PT Semen Padang sebagai perusahaan kebanggaan masyarakat Sumbar, terus maju dan berkembang, supaya bisa terus memberikan kontribusi untuk masyarakat lingkungan.

"Kita sebagai masyarakat Nagari Limau Manis, tentunya bersyukur dan bangga menjadi bagian dari masyarakat lingkungan Semen Padang. Sudah sangat banyak bantuan dari Semen Padang. Bahkan, di Nagari Limau Manis ini ada 3 kelurahan yang menjadi prioritas Semen Padang untuk dibantu melalui Forum Nagari di masing-masing kelurahan tersebut," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sebagai Ketua KAN Limau Manis, dia pun mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang terus memperhatikan Nagari Limau Manis. "Kemudian kepada masyarakat Nagari Limau Manis, mari kita doakan dan terus mendukung kinerja Semen Padang untuk lebih baik lagi. Karena, kinerja yang semakin baik akan berdampak baik pula untuk kita masyarakat Limau Manis," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kasi Tapem Camat Pauh Stevie, yang hadir mewakili Camat Pauh Yoserizal. Kata dia, perhatian PT Semen Padang di Kecamatan Pauh ini luar biasa. Sudah sangat banyak bantuan yang mengalir ke Pauh, khususnya Limau Manis ini. "Bahkan, berbagai bantuan tersebut, tentunya telah membantu kita di pemerintah. Makanya, kami sangat apresiasi Semen Padang," katanya.

Secara terpisah, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menyampaikan bahwa bantuan pembuatan tempat fasilitas berwudhu dan WC untuk MTsS dan MA Limau Manis ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Semen Padang terhadap lingkungan perusahaan, khususnya dalam bidang pendidikan.

Dia berharap bantuan fasilitas sekolah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dijaga kebersihannya, agar pemanfaatannya bisa berlangsung lama. "Dengan adanya bantuan penambahan fasilitas sekolah ini, semoga MTsS dan MA Limau Manis dapat maju dan berkembang, sesuai harapan kita bersama," katanya. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Promosikan Start Up Never Give Up, Ricky Yanuarfi: Film Ini Selaras dengan Tujuan BNN RI
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan