Departemen TPB Unand Gelar Kegiatan “ Roadshow To School ” ke SMA Negeri 1 Lubuk Alung

PalantaLanggam - Perguruan tinggi menjadi salah satu tempat mencetak generasi terdidik tentunya perlu dibekali informasi guna memasuki sebuah institusi pendidikan bagi siswa yang berkeinginan melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan universitas.

Persiapan informasi dan pengetahuan dalam memilih perguruan tinggi yang diinginkan tentunya menjadi faktor penting dalam merencanakan masa depan agar tercipta lulusan sarjana yang dapat berkompetensi dalam dunia kerja.

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas melakukan kegiatan Roadshow to Scholl ke SMA Negeri 1 Lubuk Alung Kabupaten Pariaman. Kunjungan ini dilaksanakan pada Jumat (14/10/2022) dengan melibatkan Himpunan Mahasiswa (Hima) TPB.

Kepala Departemen TPB, Renny Eka Putri menuturkan dalam sambutannya kegiatan roadshow to scholl ini adalah agenda wajib yang dilakukan setiap tahun oleh departemen yang mana kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan Departemen TPB kepada para siswa khususnya yang akan melanjutkan studi serta memberikan edukasi bagaimana dinamika perkuliahan.

Kegiatan roadshow to school ini juga menjadi penerapan program Merdeka Belajar. Dengan kegiatan ini diharapkan ketertarikan siswa dalam pemilihan Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem dapat meningkat.

Arizon selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Alung menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih mewakili pihak sekolah kepada Departeman TPB yang sudah datang memberikan edukasi serta pengenalan tentang kampus khususnya Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Univesitas Andalas.

Setidaknya para siswa sudah mendapatkan gambaran bagaimana siswa yang sebentar lagi akan menjadi mahasiswa memasuki dunia kampus yang akan berbeda dengan masa sekolah. Pengalaman baru akan mereka dapatkan ketika memasuki dunia perkuliahan.
Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Departemen TPB yang disampaikan oleh anggota Hima TPB.

Adapun Departemen TPB mempunyai tiga bidang kajian diantaranya Teknik Sumberdaya Lahan dan Air, Manajemen Mesin Pertanian dan Teknik Pasca Panen dengan enam laboratorium yang dimiliki seperti Agricultural Managemen and Geographic System Laboratory, Laboratorium Instrumentasi dan Kontrol, Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Land and Water Resource Engineering Laboratory, Laboratorium Produksi dan Manajemen Alat Mesin Pertanian dan Laboratorium Station In Postharvest Technology.

Tidak hanya itu, informasi yang disampaikan juga mengenai jalur masuk perguruan tinggi, beasiswa yang tersedia dan bisa diakses oleh semua mahasiswa serta gambaran karir dari alumni TPB setelah menamatkan perkuliahan nantinya.

Para siswa sangat antusias sekali mendengarkan penjelasan yang disampaikan mengenai peluang belajar di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan siswa yang hadir.

Diakhir acara beberapa siswa menyampaikan pertanyaan dan bagi yang bertanya diberikan reward sebagai apresiasi atas keberanian mereka.

Baca Juga

Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Membuka Potensi Kreatif: Pemanfaatan Daur Ulang Koran dan Kertas Bekas untuk Menciptakan Kertas Seni Berkualitas
Membuka Potensi Kreatif: Pemanfaatan Daur Ulang Koran dan Kertas Bekas untuk Menciptakan Kertas Seni Berkualitas
Tantangan dan Strategi dalam Diversifikasi Produk Olahan Jamur Tiram Menjadi Mie Bernutrisi Tinggi
Tantangan dan Strategi dalam Diversifikasi Produk Olahan Jamur Tiram Menjadi Mie Bernutrisi Tinggi
Universitas Andalas (UNAND) menerima sebanyak 7.505 mahasiswa baru untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) pada tahun ini.
11 Prodi di UNAND dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBP 2024
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar