Departemen TPB Fateta Unand Berikan Mahasiswa Angkatan 2021 Pelatihan Simulasi Penulisan PKM

PalantaLanggam - Mengambil inspirasi dari hasrat universitas untuk meningkatkan standar mahasiswa melalui kemampuan menulis, kreativitas, dan jiwa wirausaha, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB Fateta) mendorong para mahasiswa untuk berperan aktif dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program ini merupakan inisiatif tahunan yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISTEKDIKTI).

PKM adalah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang cerah. Dengan fokus pada menciptakan lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, produktif, dan memiliki karakter Pancasila, program ini juga bertujuan untuk membimbing mahasiswa agar memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan, menjadi individu yang kreatif, inovatif, objektif, dan kooperatif dalam menciptakan keanekaragaman intelektual.

Kegiatan simulasi PKM yang diadakan pada Kamis (21/9) lalu di Gedung Seminar F. dihadiri oleh Ketua Departemen TPB, Renny Eka Putri, serta dua pemateri simulasi, yaitu Fadli Hafizulhaq dan Fadli Irsyad.

Fadli Hafizulhaq dalam presentasinya menyoroti pentingnya pemilihan topik yang tepat, dengan mengacu pada aspek-aspek seperti keterulangan topik, keumuman topik, dan keberhasilan mengkaji kembali ide PKM. Semua ini bertujuan untuk memastikan proposal PKM yang dibuat memiliki kualitas yang optimal.

Fadli Irsyad juga menekankan modal dasar dalam penyusunan PKM, termasuk pemahaman yang mendalam tentang panduan PKM, perbedaan substansi PKM, aturan administratif, serta penggunaan format dan struktur penulisan proposal yang benar.

"Harapannya, melalui kegiatan simulasi ini, akan dihasilkan lebih banyak proposal PKM yang dapat bersaing di tingkat nasional," pungkasnya. (*/)

Tag:

Baca Juga

Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Kenalkan Program 'Kembali ke Surau', Hendri Septa Ingin Lanjutkan Pembinaan Karakter Siswa Pasca Ramadan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan