Densus 88 Sebut Anggota NII di Sumbar Korban Penyesatan Ideologi

Densus 88 Sebut Anggota NII di Sumbar Korban Penyesatan Ideologi

Cabut baiat masaal mantan anggota NII di Dharmasraya. [Foto: Hendra/Langgam.id]

Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Densus 88 Sebut Anggota NII di Sumbar Korban Penyesatan Ideologi

Langgam.id - Kepala Detasamen Khusus (Densus) Irjen Marthinus Hukom mengatakan anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat (Sumbar) merupakan korban dari penyesatan ideologi.

Hal ini disampaikan saat 363 mantan anggota NII di Kabupaten Dharmasraya yang mengikuti acara cabut baiat masal dan bersumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (27/4/2022).

"Menempatkan mereka sebagai korban bukan berarti mereka bukan tersangka, menempatkan mereka sebagai korban adalah pendekatan soft aproach, dimana yang harus kita ubah cara berpikir yang selama ini terkontaminasi paham radikal," kata Marthinus.

Dia melanjutkan, bahwa mereka yang masuk NII merupakan korban dari ketidakpahaman mereka terhadap ideologi dan pergerakan NII.

Dia mengatakan pada dasarnya dia respect terhadap masyarakat, kemudian tokoh agama, tokoh adat, dan pemerintah daerah. Semua pihak harus bekerjasama dalam melakukan penyadaran kepada masyarakat.

"Kita sama-sama bangkit melakukan penyadaran kepada mereka, karena dengan memberikan pemahaman yang lebih kongret, mereka akan lebih sadar bahwa mereka terbawa oleh suatu kelompok yang berbeda pemahamannya dari masyarakat mainstream," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pendekatan kepada masyarakat yang telah mencabut baiat tersebut. Masyarakat harus terus disadarkan agar meningkat terus cinta NKRI karena merupakan ketahanan sosial.

Baca juga: Ulitimatum Para Pengikut NII, Kapolda Sumbar: Segera Cabut Baiat, Jika Tidak Akan Ditindak

Menurut dia pemahaman radikal tidak hanya ada di Sumbar tetapi juga ditemukan dari daerah lainnya di Indonesia. Sementara di Sumbar sendiri sudah 16 orang yang ditangkap terkait pemahaman radikal dan saat ini ditahan di Mabes Polri.

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi