Data DLH, Kota Payakumbuh Hasilkan Sampah 73 Ton Per Hari

ILUSTRASI SAMPAH

Ilustrasi Sampah (Foto: Pixabay)

Langgam.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh mencatat daerah itu menghasilkan sampah mencapai 73-73 ton setiap harinya. Hal ini disebabkan dengan meningkatnya curah hujan sejak beberapa bulan belakangan.

Kepala DLH Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi menyebutkan, sampah Kota Payakumbuh dalam satu bulan mencapai 2.200 ton. “Dari data yang ada, memang ada kenaikan volume sampah. Biasanya, kalau kemarau sampah per bulan hanya 2.000 ton, atau sekira 66-68 ton per hari,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Jumat (7/2/2020).

Peningkatan volume sampah saat penghujan merupakan hal yang bisa, karena pada musim penghujan, berat sampah-sampah yang berada di tempat pembuangan sampah bertambah, karena basah.

Selain itu, kata Dafrul, penyebab bertambahnya volume sampah karena hanyut dari daerah lain melalui sungai, sehingga ada timbunan sampah ketika air mulai menyusut.

"Memang timbunan sampah tidak seluruhnya dari daerah lain, tapi memang juga disebabkan karena perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan membuang langsung ke sungai," jelasnya.

Agar tidak terjadi banjir di musim penghujan, ia mengimbau agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

"Jangan karena ingin menuntaskan sampah di rumah tangga sendiri, kita membuang sampah ke gorong-gorong. Karena bisa menjadi permasalahan kota," jelasnya.

Setelah itu, masyarakat diharapkan dapat membuat sumber resapan air di rumah masing-masing, seperti membuat biopori atau dengan tidak menutup seluruh permukaan lahan di sekitar rumah dengan semen.

"Terakhir masyarakat juga kami imbau agar menanam pohon di sekitar rumah, tidak hanya untuk menanggulangi banjir. Tapi juga bisa menambah ketersediaan udara bersih di Payakumbuh," katanya.

(*/ZE)

Baca Juga

Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Festival Maek Mengungkap Misteri Peradaban Dunia
Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau