Dampak Narkoba, Halusinasi Hingga Masalah Kejiwaan

Dampak Narkoba, Halusinasi Hingga Masalah Kejiwaan

Ilustrasi - Barang Bukti (BB), Sabu-sabu yang akan dimusnahhkan BNNP Sumbar (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) bukan saja berdampak masalah hukum, tetapi juga membuat penggunanya bermasalah secara psikologi dan kesehatan.

Demikian disampaikan Kasi Pencegahan Pengendali Penyakit Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatmanelly, Kamis (11/4/2019) di Payakumbuh.

Hal itu disampaikannya dalam Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) yang digerlar Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"“Para pengguna dan pecandu berat narkoba akan memiliki halusinasi yang tinggi hingga akan mengganggu ke masalah kejiwaan," katanya, sebagaimana dilansir Humas di situs resmi Pemko Payakumbuh.

Selain gangguan psikologi tersebut, menurutnya, juga berdampak ke berbagai penyakit, seperti herpes, penyakit kulit dan gangguan organ dalam tubuh.

Kepala BNNK Payakumbuh Firdaus. ZN mengatakan, sosialisasi tersebut untuk menyampaikan informasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak dari penggunaan narkoba.

“Dengan kesadaran itulah diharapkan masyarakat dapat berperan serta dalam menciptakan lingkungan Bebas Narkoba, serta meningkatkan keterampilan dan daya tangkal terhadap peyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya dikalangan pelajar dan masyarakat pada umumnya," ujar Firdaus.

Sosialisasi diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari Ketua RT dan RW dari Kecamatan Payakumbuh Selatan. Selain BNNK dan Dinkes juga turut jadi pembicara Kasat Narkoba Polres Payakumbuh Zulhendri. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Langgam.id - Seorang pria berinsial DM (20) diamankan polisi karena diduga menjual wanita ke pria hidung belang di salah satu hotel di Padang
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ditangkap Terkait Narkoba, 1 Paket Sabu Disita
Langgam.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Solok, Provinsi Sumbar mengungkap dua kasus penyalahgunaan narkoba selama 2022.
BNNK Solok Ungkap 2 Kasus Narkotika Selama 2022
Langgam.id - Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatra Barat (Sumbar) mengeklaim peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan menurun sepanjang 2022.
Kakanwil Kemenkumham Sumbar Klaim Peredaran Narkoba di Lapas dan Rutan Menurun Sepanjang 2022
pembunuh gadis
Diduga Transaksi Narkoba, Seorang Pemuda di Pasbar Ditangkap Polisi Dini Hari
Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi
Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi