Dampak Narkoba, Halusinasi Hingga Masalah Kejiwaan

Dampak Narkoba, Halusinasi Hingga Masalah Kejiwaan

Ilustrasi - Barang Bukti (BB), Sabu-sabu yang akan dimusnahhkan BNNP Sumbar (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) bukan saja berdampak masalah hukum, tetapi juga membuat penggunanya bermasalah secara psikologi dan kesehatan.

Demikian disampaikan Kasi Pencegahan Pengendali Penyakit Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Fatmanelly, Kamis (11/4/2019) di Payakumbuh.

Hal itu disampaikannya dalam Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) yang digerlar Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"“Para pengguna dan pecandu berat narkoba akan memiliki halusinasi yang tinggi hingga akan mengganggu ke masalah kejiwaan," katanya, sebagaimana dilansir Humas di situs resmi Pemko Payakumbuh.

Selain gangguan psikologi tersebut, menurutnya, juga berdampak ke berbagai penyakit, seperti herpes, penyakit kulit dan gangguan organ dalam tubuh.

Kepala BNNK Payakumbuh Firdaus. ZN mengatakan, sosialisasi tersebut untuk menyampaikan informasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak dari penggunaan narkoba.

“Dengan kesadaran itulah diharapkan masyarakat dapat berperan serta dalam menciptakan lingkungan Bebas Narkoba, serta meningkatkan keterampilan dan daya tangkal terhadap peyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya dikalangan pelajar dan masyarakat pada umumnya," ujar Firdaus.

Sosialisasi diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari Ketua RT dan RW dari Kecamatan Payakumbuh Selatan. Selain BNNK dan Dinkes juga turut jadi pembicara Kasat Narkoba Polres Payakumbuh Zulhendri. (*/SS)

Tag:

Baca Juga

Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pria berinisial Nas (46) yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan
Polisi Ciduk Dua Orang yang Transaksi Sabu di Payakumbuh, Satu Tersangka Kabur
Satres Narkoba Polres Padang Panjang menangkap residivis penyalahgunaan narkoba berinisial RC (42) di balai pemuda di Kampung Teleng,
Simpan Sabu, Residivis Kasus Narkoba Kembali Diciduk Polisi
Diduga menjual dan mengedarkan narkotika jenis sabu, pasangan suami istri (pasutri) ditangkap Sat Narkoba Polres Payakumbuh pada Minggu
Diduga Edarkan Sabu, Pasutri di Payakumbuh Diamankan Polisi
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Pemprov Janji Dukung BNN dalam Penanggulangan Narkoba di Sumbar
Satresnarkoba Polres Dharmasraya berhasil meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu berinisial HP (41) pada Rabu (3/4/2024) sekitar
Edarkan Sabu, Seorang Warga Dharmasraya Ditangkap Polisi
Polres Limapuluh Kota melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis daun ganja kering pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini dilaksanakan
Polres Limapuluh Kota Musnahkan Ganja 10 Kg Hasil Penangkapan Awal 2024