Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi

Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai

Bupati Agam, Andri Warman bersama Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang. [foto: Diskominfo Agam]

Langgam.id - Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai Pua pada Jumat (5/4/2024) sekitar pukul 16.00 WIB, menimbulkan sejumlah dampak.

Dampak tersebut terang Budi yaitu terputusnya jalan pertanian dari Lakuang Surian Jorong Labuang menuju Tonggok Jorong Puti Ramuh, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang.

"Serta terjebaknya 1 unit mobil L300 di lokasi pertanian," ujar Budi dikutip dari akun Instagram Diskominfo Agam.

Kemudian, kata Budi, juga terdampak rumah warga, kendaraan dan akses jalan di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang.

"Bencana tersebut juga mengakibatkan akses jalan di Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, juga terkena banjir bandang," terangnya.

Kemudian, sebut Budi, hantaman banjir bandang yang dipicu tumpahan lahar dingin dari kawah Gunung Marapi juga menyebabkan puluhan warga harus dievakuasi ke tempat aman oleh TNI-Polri bersama Tim SAR Gabungan BPBD Agam.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman yang meninjau lokasi bencana, meminta warga untuk tetap sabar dan tawakal menghadapi cobaan tersebut.

BPBD Agam sendiri telah melakukan upaya penanggulangan. Antara lain berkoordinasi dengan pemerintah nagari dan kecamatan. Melakukan assesment dan pendataan.

Serta turun langsung ke lokasi kejadian untuk membantu penanggulangan bencana. (*/yki)

Baca Juga

Pemkab Tanah Datar mengusulkan pembangunan delapan sabo dam untuk mengantisipasi bencana banjir bandang kepada BNPB
Atasi Banjir Lahar Dingin, Pemkab Tanah Datar Usulkan Pembangunan 8 Sabo Dam ke BNPB
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari