Curah Hujan Tinggi, Jalan Batusangkar-Sitangkai Amblas di Kilometer 20

Curah Hujan Tinggi, Jalan Batusangkar-Sitangkai Amblas di Kilometer 20

Jalan Batunsangkar-Sitangkai amblas di Km 20. (Foto: Polsek Padang Ganting)

Langgam.id - Jalan raya yang menghubungkan Batusangkar dengan Sitangkai, Kecamatan Lintau Buo amblas di Kilometer 20. Tepatnya, di Lubuak Kesong, Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar.

Kapolsek Padang Ganting Iptu Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (4/12/2019) menyebutkan, jalan tersebut amblas sejak Senin (2/12/2019) dinihari. "Curah hujan yang tinggi membuat tanah yang labil amblas," katanya, sebagaimana dilansir tribratanews di situs resmi Polri.

Hasil pengecekan kapolsek bersama Wakapolsek Ipda Fauzi dan tiga anggota, pondasi jalan terlihat tidak kuat menahan beban. Sehingga sangat dikhawatirkan apabila ada mobil melewati dengan beban yang berat. Kerusakan jalan amblas mencapai setengah badan jalan dengan panjang lebih kurang sekitar 7 meter.

Kasubag Humas Polres Tanah Datar Iptu Marjoni Usman menyebut, untuk sementara tidak menemukan antrian arus lalu lintas kendaraan dari kedua arah. Baik dari arah Sitangkai Kecamatan Lintau Buo maupun dari Batusangkar. "Namun disarankan Kepada fungsi terkait untuk koordinasi dengan instansi pemerintahan daerah supaya kendaraan ukuran bobot 10 ton tidak lewat di jalan yang amblas tersebut," katanya. (*/SS)

Baca Juga

Gebu Minang Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Sumbar
Gebu Minang Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Sumbar
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Sebanyak 23 jembatan di enam kecamatan di Tanah Datar, putus akibat bencana alam banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024).
23 Jembatan di Tanah Datar Putus Diterjang Banjir Bandang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar