Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada Saat Hendak Melaut

Langgam.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan mengimbau nelayan waspada jika pergi melaut. Pasalnya cuaca lagi buruk-buruknya.

Di samping itu warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir dan longsor, seiring perkiraan hujan beberapa hari ke depan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pessel , Doni Gusrizal mengungkapkan, selain potensi banjir dan longsor, pihaknya juga mengingatkan nelayan yang hendak melaut. Pasalnya, selain bencana darat, potensi hujan juga berpengaruhi gelombang laut.

Disaat cuaca tidak memungkinkan sebaiknya jangan melaut dulu," ungkapnya, kemarin.

Berdasarkan perkiraan BMKG Minangkabau, potensi hujan di sebagian wilayah di Sumatera Barat berlangsung hingga, Sabtu 18 Desember 2021. Peringatan dini, waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat.

Selain siang dan malam hari, pada dini hari nya hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat, juga berpotensi terjadi.

Menurut Doni Gusrizal, jika lebih dari 2 jam, warga harus waspada, selain mewaspadai potensi banjir juga longsor bagi warga yang tinggal di wilayah kemiringan lebih 45 derajat atau di daerah lereng bukit.

"Selalu waspada dan melihat kondisi tanah yg berada di sekitar rumahnya. Jika terjadi keretakan tanah harus segera menghindar dari lokasi itu dan segera melaporkan ke nagari atau kecamatan," tandasnya.

Baca Juga

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Selama Maret 2024, terdapat 105 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Frekuensi gempa terbesar
BMKG: 105 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Selama Maret 2024
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Minangkabau: Waspada Hujan Lebat di Pesisir Sumbar Jelang Idulfitri 1445 H
Pencarian satu orang nelayan yang dinyatakan hilang di Perairan Karang Laweh, Kecamatan Padang Barat, Padang masih belum membuahkan hasil.
Pencarian Hari ke-2 Hilangnya 1 Nelayan di Padang Masih Nihil
Sebanyak 39 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 22-28 Maret 2024. Selama periode ini
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pesisir Selatan Sore Ini
Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi, membuka kegiatan Bulan Cinta Laut 2024 serta Sosialisasi Program Pemberdayaan Nelayan
Nelayan di Padang Terima Bantuan Sarana Alat Penangkap Ikan