Ciptakan SDM Lulusan Produktif, Ketua DPRD Sumbar Dorong Kepala SMK Berinovasi

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mendorong perubahan mindset kepala SMK Sumbar untuk berinovasi dan berkreatifitas. Hal ini guna mewujudkan lulusan SMK menjadi sumber daya manusia

Kegiatan Rapat Koordinasi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sumatra Barat di The Balcone Hotel, Kota Bukittinggi. [foto: DPRD Sumbar]

InfoLanggam - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mendorong perubahan mindset kepala SMK Sumbar untuk berinovasi dan berkreatifitas. Hal ini guna mewujudkan lulusan SMK menjadi sumber daya manusia produktif, mandiri dan selalu berinovasi mengembangkan dirinya.

Menurut Supardi, setiap kepala sekolah mesti fokus pada pengembangan SMK hebat guna menciptakan link and match antara SMK dengan dunia usaha, dunia Industri (DUDI) melalui EXPO SMK.

"Saatnya untuk melakukan perubahan mindset pimpinan sekolah untuk melahirkan lulusan SMK tidak hanya diharapkan menjadi tenaga kerja untuk industri, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi mandiri," ujar Supardi saat Rapat Koordinasi Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Sumatra Barat di The Balcone Hotel Kota Bukittinggi, Jumat (23/2/2024).

Lampiran Gambar

Supardi mengungkapkan bahwa kepala sekolah yang cerdas itu selalu berinovasi dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk mengembangkan bakat siswanya untuk meraih masa depannya.

"Jadi setiap kepala sekolah benar-benar mengelola sekolahnya dengan pengabdian penuh dan mau berkorban pemikiran, waktu bagaimana proses belajar dan pengembangan guru-guru mampu membangkitkan potensi anak didiknya secara baik," ucapnya.

Lampiran Gambar

Supardi juga memaparkan keprihatinannya terhadap survei Kementerian Ketenagakerjaan yang merilis bahwa salah satu sumber pengangguran terbesar berasal dari lulusan SMK.

"Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kebutuhan industri dengan kompetensi yang dimiliki lulusan SMK," tuturnya.

Supardi menekankan perlunya kerja sama antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan dan industri dalam mendukung pengembangan SMK.

"Komitmen bersama sangat penting untuk menciptakan lulusan SMK yang tidak hanya berkualitas dalam bekerja tetapi juga memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat,"ucapnya.

Lampiran Gambar

Supardi mengharapkan rapat koordinasi ini menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Sumbar.

"Ciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan bakat dan inovasi para siswa hingga menjadi lulusan SMK yang memiliki skil dan daya saing yang kuat menghadapi pasar global dunia," ujarnya. (*)

Baca Juga

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Bersama dengan perhatian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dalam menjalankan tugas-tugas dalam menilai dan melakukan pemeriksaan kegiatan kedewanan
Tingkatkan Sinergi Kabupaten/Kota, Forum Bagian Persidangan DPRD se-Sumbar Bakal Dibentuk
Meramaikan masjid dengan berbagai aktivitas kemasyarakatan, merupakan upaya untuk membentengi generasi muda dari maraknya pekat
Ketua DPRD Sumbar: Ramaikan Masjid Agar Bisa Bentengi Generasi Muda dari Pekat
Selama tahun 2023 hingga awal tahun 2024, kegiatan pengelolaan media sosial telah memberikan nuansa baru cara penyampaian informasi.
Kabag Persidangan Ingatkan Tim Kreatif DPRD Sumbar Terus Kembangkan Pemanfaatan IT dalam Pelayanan Publik
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan batung merupakan SDA yang melimpah pada Kelurahan Ampangan Kapalo Koto, Kota Payakumbuh.
Ampangan Kapalo Koto Penghasil Batung Berkualitas, Supardi: Harus Dikelola Agar Jadi Komoditi Ekspor
Pengentasan kemiskinan merupakan persoalan sosial yang masih menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah daerah. Oleh sebab itu,
Ketua DPRD Sumbar: Pengentasan Kemiskinan Masih Jadi Pekerjaan Rumah Pemda