Cegah Risiko Cedera Saat Olahraga, Ini Tipsnya

Langgam.id - Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cedera saat berolahraga adalah risiko yang sering dihadapi oleh pecinta kebugaran. Langkah-langkah pencegahan dibutuhkan untuk mengurangi risiko cedera secara signifikan.

Agar lebih aman, berikut tips berolahraga yang tepat untuk menghindari cedera saat berolahraga dilansir dari mdorthospecialists, Minggu (3/3/2024):

  1. Lakukan pemanasan yang tepat
    Otot-otot dingin cenderung kurang lentur dan lebih mudah robek, hal ini meningkatkan risiko cedera. Luangkan waktu 5 hingga 10 menit untuk melakukan pemanasan aktif dengan menjaga tubuh tetap bergerak dengan berjalan kaki atau melakukan peregangan dinamis seperti mengangkat kaki.

2. Lakukan sesuai kemampuan
Mulai secara perlahan-lahan dan bersikap realistis terhadap kemampuan diri sendiri. Jika baru memulai berolahraga, pastikan mulai dari intensitas rendah dan meningkat secara perlahan. Memulai terlalu keras akan mencederai diri sendiri dan menghambat performa tubuh.

3.Pelajari teknik yang tepat
Luangkan waktu untuk mempelajari bentuk gerakan olahraga yang tepat, jika memulai program olahraga baru. Gerakan yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera serius dan menghambat program latihan. Berlatih bersama ahli pada beberapa sesi awal dapat membantu memberikan pemahaman gerakan yang tepat. Lakukan secara perlahan, pelajari gerakan dengan benar, dan hasilnya akan terlihat di kemudian hari.

4.Gunakan pakaian yang sesuai dengan jenis olahraga
Pakaian yang tidak tepat dapat menjadi salah satu penyebab utama cedera saat berolahraga. Kenakan pakaian yang nyaman dan pas dengan tubuh, tetapi jangan terlalu ketat agar tidak menghambat gerakan. Pastikan untuk memilih pakaian yang tepat untuk aktivitas yang akan dilakukan.

5.Dengarkan tubuh
Jika merasakan rasa sakit, berhenti. Rasa sakit adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah atau sesuatu yang belum siap untuk tubuh. Berhenti dan evaluasi apa yang sebelumnya dilakukan yang menyebabkan rasa sakit dan sesuaikan bentuk latihan atau beristirahat. Jangan memaksakan diri dan mengambil risiko cedera. Jika diperlukan, lakukan konsultasi dengan ahli.

6.Jangan lewatkan hari istirahat
Hari istirahat berguna untuk memulihkan diri dan membentuk kembali otot-otot, yang berkontribusi pada peningkatan kekuatan dan pertumbuhan. Umumnya istirahat satu hari penuh setiap 3 sampai 5 hari. (Riffa Amalia/Fs)

Tag:

Baca Juga

Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting