Butuh Rp127 Miliar, Pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang Ditarget Awal 2023

butuh-rp127-miliar-pembangunan-fase-vii-pasar-raya-padang-ditarget-awal-2023

Salah satu gedung di Pasar Raya Padang yang telah tuntas dibangun. [Foto: Wista Yuki/Langgam.id]

Langgam.id - Pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang ditarget terealisasi awal 2023 nanti. Besar anggaran yang dibutuhkan diperkirakan mencapai Rp127 miliar.

Pernyataan itu mengemuka dalam rapat Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat (Sumbar) dengan Pemerintah Kota Padang di Kantor BPPW Sumbar, Senin (17/10/2022). Setelah sekian lama menanti, pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang perlahan mulai menemui titik terang.

Salah satu pusat perdagangan di Pasar Raya Padang itu bakal direvitalisasi dengan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Keduanya berkomitmen menyiapkan segala sesuatu sehingga 2023 dapat dibangun.

Kepala BPPW Sumbar Kusworo Darpito mengatakan, apabila kelengkapan persyaratan telah terpenuhi secara administrasi, pelaksanaan pembangunan akan dilakukan sesuai alokasi anggaran yang ada.

Kusworo Darpito mengaku siap mendukung penuh pelaksanaan pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang tersebut. Sesuai Detail Engineering Design (DED) yang ada, gedung dibangun tiga lantai dilengkapi semi basement.

"Lama pembangunan diperkirakan, maksimal dua tahun pengerjaan. Setelah kelengkapan persyaratan terpenuhi pembangunan akan dilakukan," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar saat mewakili Wali Kota Padang mengatakan, rapat yang digelar bertujuan menyamakan persepsi tentang Readiness Criteria (RC). Fase VII, lanjutnya, mengalami kerusakan yang cukup berat akibat gempa bumi tahun 2009 silam.

Andree menyebut, revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang sudah diupayakan sejak pasca gempa 2009. Karena keterbatasan anggaran dan hal lainnya, pembangunan belum mampu dilakukan.

"Insya Allah di 2023 mendatang akan dimulai berkat dukungan dana Kementerian PUPR. Semoga pedagang akan berjualan dengan nyaman dan pembeli pun senang berbelanja," katanya.

Baca Juga: Andre Rosiade dan KPP Bahas Rencana Kelanjutan Pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang

Sisi lain, Sekda menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menyiapkan segala item yang mesti dipenuhi agar pembangunan Fase VII segera dimulai. Salah satunya, menyiapkan RC pembangunan Fase VII ini.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemko Padang mengadakan rapat koordinasi ketahanan pangan guna mengantisipasi kelangkaan pangan selama momen Natal dan Tahun Baru 2023 ,
Pemko Padang Jamin Stok Pangan Aman hingga Akhir Tahun
Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat ada sebanyak 22 orang warga digigit anjing gila selama Januari hingga November 2023.
Dinkes Padang Catat 22 Kasus Gigitan Hewan Rabies hingga November 2023
Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar mengharapkan dukungan dan kerja sama Ormas untuk menjaga situasi yang kondusif, aman dan tertib
Jaga Situasi Kondusif Jelang Pemilu 2024, Pemko Padang Harapkan Peran Aktif Ormas
Dari Lomba Menulis, Korpri Padang Akan Bukukan 20 Karya Tulisan ASN
Dari Lomba Menulis, Korpri Padang Akan Bukukan 20 Karya Tulisan ASN
Suami Istri dan Calon Menantu di Payakumbuh Kompak Edarkan Sabu
3 Kelurahan di Padang Jadi Percontohan Anti Narkoba
Wako Padang Lantik 5 Pejabat Isi Kekosongan Jabatan OPD
Wako Padang Lantik 5 Pejabat Isi Kekosongan Jabatan OPD