Butuh 20 Ton per Hari, Pemko Padang Tingkatkan Produksi Cabai Lewat Kelompok Tani

Langgam.id - Harga cabai di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) semakin menggila, bahkan harga Cabai Merah mencapai Rp125 ribu per kilogram.

Ilustrasi. (Foto: Public Domain Pictures / pixabay.com)

Langgam.id -- Guna meningkatkan produksi cabai di Kota Padang, pemerintah setempat memberdayakan kelompok tani dan wanita tani dengan bantuan dan program peningkatan kapasitas kelompok.

Dinas Pertanian Kota Padang menyalurkan dua jenis bantuan kelompok dan wanita tani di Kota Padang. Bantuan itu terdiri dari bibit cabai dan pengolahan lahan pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Gusnita Sukmawanti, menyebutkan untuk bibit cabai diberikan sebanyak 15 ribu kepada seluruh anggota kelompok tani.

"Total uang pengolahan lahan pertanian mencapai Rp480 juta untuk delapan hektare lahan di Kota Padang. Satu kelompok mendapatkan maksimal Rp60 juta untuk satu hektar lahan pertanian," ujarnya, dikutip langgam, Senin (13/2/2023).

Pengolahan lahan pertanian itu dikelola oleh 25 kelompok tani. Pada umumnya, lahan yang tersebar di delapan kecamatan tersebut sudah menghasilkan cabai.

"Memang pertama kali kita luncurkan program ini bersama walikota, pada September 2022 di Kecamatan Koto Tangah, Pauh, dan Kuranji. Kemudian untuk cabai dalam polybag sudah diterima kelompok dan berhasil dimanfaatkan," katanya.

Upaya menggenjot hasil tani berupa cabai merupakan salah satu langkah untuk menekan inflasi di Kota Padang. Kebutuhan cabai di Padang mencapai 20 ton per hari dan 60 persen diantaranya didatangkan dari luar Sumbar.

"Kunci utama agar harga cabai terkendali adalah stok yang cukup dan lancarnya jalur distribusi. Masalah stok dan pasokan, cabai kita pun banyak datang dari Pulau Jawa. Oleh sebab itu, dengan adanya gerakan ini kita mulai bisa memenuhi kebutuhan kita," ujarnya.

Ia menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan cabai. Upaya pemenuhan cabai ini diprediksi bisa tersedia sepanjang tahun dengan harga yang stabil dan terkendali. (*/FS)

Tag:

Baca Juga

Padang Siapkan Langkah Konkret Atasi Harga Cabai yang Melejit
Padang Siapkan Langkah Konkret Atasi Harga Cabai yang Melejit
Harga Cabai Merah Kriting di Agam Turun Drastis
Harga Cabai Merah Kriting di Agam Turun Drastis
Langgam.id - Kenaikan harga BBM turut berdamopak terhadap harga pangan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), salah satunya Cabai Merah.
Harga Cabai di Pasar Padang Panjang Mulai Turun
Langgam.id - Kenaikan harga BBM turut berdamopak terhadap harga pangan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), salah satunya Cabai Merah.
Harga Cabai di Pasar Pusat Padang Panjang Kembali Naik
Harga Cabai Merah di Padang Panjang Turun
Harga Cabai Merah di Padang Panjang Turun
Harga cabai merah keriting di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, mengalami penurunan. (Dok.Istimewa)
Pasar Pusat Padang Panjang: Harga Cabai Merah Kembali Naik