Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang

Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang

Foto: Humas Pemkab Dharmasraya

InfoLanggam - Banjir bandang (galodo) yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar membuat Bupati Dharmasraya yang juga sebagai Ketua APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan langsung melakukan gerak cepat untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Sutan Riska langsung terjun ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi terkini Kabupaten Tanah Datar yang tertimpa bencana alam tersebut. Bahkan langsung memberikan bantuan untuk seluruh masyarakat yang tertimpa bencana alam.

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Dharmasraya turut berduka cita, atas terjadinya musibah banjir bandang dan galodo yang menyerang daerah Kabupaten Tanah Datar. Untuk itu, kami langsung ke lapangan untuk turut serta merasakan kesedihan yang dirasakan oleh masyarakat Tanah Datar yang tertimpa bencana alam ini," ucap Bupati Dharmasraya dua periode ini.

Bantuan yang diserahkan oleh Sutan Riska untuk masyarakat tertimpa musibah sebanyak empat truk tersebut terdiri dari. Makanan cepat saji, beras, air mineral, roti dan pakaian bekas layak pakai.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Tanah Datar, Iqbal Ramadi Prayana, pada hari Senin (13/05/24), di Posko SAR Basarnas Indo Jelito Rumah Dinas Bupati Tanah Datar.

Selain itu, kata Bupati bahwa kegiatan yang dilakukannya merupakan bentuk empati terhadap korban bencana alam. Bahkan bantuan tersebut disediakan secara mendadak, karena korban bencana alam memerlukan bantuan secara cepat.

"Hari ini kita bersama sejumlah OPD menggalang bantuan untuk saudara kita yang terdampak bencana banjir bandang dan galodo di Kabupaten Tanah Datar. Alhamdulillah bantuan yang kita kumpulkan hasilnya sangat lumayan. Untuk membantu saudara kita di Tanah Datar," tegasnya lagi.

Kemudian Sutan Riska menyampaikan bahwa ia selaku Kepala Daerah, dan juga Ketua Umum Apkasi mengucapan belasungkawa kepada korban yang meninggal dunia. Dan kepada masyarakat yang terdampak diberikan kesabaran dalam musibah ini.

Bahkan Bupati Dharmasraya beserta rombongan langsung turun ke salah satu lokasi banjir bandang. Yakni di Simpang Manunggal Kenagarian Prambahan.

Dalam kesempatan itu Sutan Riska mengapresiasi Pemkab Tanah Datar dan seluruh stakeholder, TNI/Polri atas gerak cepat melaksanakan tanggap darurat.

Dirinya selaku ketua Umum Apkasi juga siap melaksanakan koordinasi dengan seluruh Pemkab se-Sumatera Barat guna membicarakan apa yang dapat dilakukan untuk membantu seluruh warga yang terdampak bencana

Sutan Riska selain didampingi sejumlah kepala OPD, juga menyertakan Asosiasi Walinagari (Aswana) Kabupaten Dharmasraya, yang dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan sebesar Rp10 juta. (*/)

Baca Juga

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar
Sebanyak 13 orang masih dinyatakan hilang memasuki hari ketujuh pasca bencana alam banjir bandang di Tanah Datar. Pemkab Tanah Datar
13 Orang Masih Hilang Akibat Banjir Bandang di Tanah Datar, 350 Personel Dikerahkan Cari Korban
Koalisi Masyarakat Sipil Sumbar Desak Komandan Posko Bencana Memahami Tugasnya
Koalisi Masyarakat Sipil Sumbar Desak Komandan Posko Bencana Memahami Tugasnya
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
InJourney Group Salurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Bencana di Sumbar
Pemkab Tanah Datar menerima 1.000 paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo. Paket sembako tersebut diperuntukkan bagi warga terdampak
1.000 Paket Sembako dari Presiden untuk Warga Terdampak Banjir Bandang Tiba di Tanah Datar