Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang

Bupati Dharmasraya Kukuhkan Marjilis Jadi Camat Tiumang

Mewakili Bupati, Sekda Dharmasraya Adlisman kukuhkan camat Tiumang. (Foto: Diskominfo Dharmasraya)

Langgam.id - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili Sekretaris Daerah Adlisman mengukuhkan Marjilis selaku Camat Tiumang, dalam sebuah prosesi yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat setempat, Selasa, (24/01/2023).

Bupati Sutan Riska dalam amanat tertulis yang dibacakan Adlisman, mengatakan bahwa 13 Januari yang lalu telah dilaksanakan pelantikan pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, yang mana Marjilis, dipercaya sebagai Camat Tiumang, dan dilakukan acara pengukuhan dan serah terima memori jabatannya.

Adlisman mengatakan bahwa kantor kecamatan merupakan salah satu perangkat daerah yang dipimpin oleh camat dan mempunyai wilayah kerja dengan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan.

Adapaun tugas camat antara lain melaksanakan kerja dengan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan, antara lain melaksanakan kewenangan pemerintah yang ditetaokan oleh Bupati untuk menangani sebagain urusan otonomi daerah.

“Camat yang berkedudukan sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan hendaknya dapat mencermati dan mempelajari setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Terutama dalam hal pemberian pelayanan dasar pada masyarakat,” terang Adlisman, yang rilis resmi pemda.

Katanya, sesuai dengan tupoksinya Camat dapat melakukan peninjauan langsung terhadap unit-unit kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik itu kegiatan belajar di sekolah dan suasana pelayanan di Puskesmas. Dan mendata sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat

Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh unit-unit kerja yang kurang memuaskan bagi masyarakat, kiranya dapat dilakukan evaluasi oleh camat, dan dicarikan langkah untuk perbaikan pelayanan tersebut. Dalam bidang kemasyarakat hendaknya Camat mampu membina anak-anak nagari dan lembaga nagari serta organisasi kemasyarakatan yang ada.

“Semenjak dini camat harus memperhatikan kehidupan generasi muda untuk tidak terlibat dalam kehidupan bebas dan narkoba, karena kondisi ini telah menjadi ancaman kehidupan generasi muda kita,” lanjutnya.

Kemudian bupati juga berpesan kepada camat, agar mampu meningkatkan peranan pemerintagan nagari, sehingga pemerintahan nagari sebagai pemerintahan terdepan akan lebih dapat melaksanakan tugas-tugasnya yang semakin hari dirasakan semakin berat.

Sementara itu, Marjilis, Camat yang hari ini dikukuhkan, dalam pidato pertamanya dihadapan Sekda dan masyarakat setempat menyampaikan harapan dukungan semua pihak untuk kelancaran tugasnya.

“Alhamdulillah, dalam perjalanan karir kami hari ini diamanahkan Pak Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjadi camat di Kecamatan Tiumang. Tentunya dalam menjalankan tugas ini kami mengharapkan dukungan Forkopimcam, Walinagari, Bamus, ninik mamak, alim ulama cadiak pandai dan tokoh masyarakat bisa membantu kami untuk memajukan kecamatan Tiumang,” kata Marjilis.

Beliau juga menyatakan siap menerima saran, masukan dan kritik masyarakat dalam rangka menjadikan Kecamatan Tiumang yang lebih baik lagi ke depan.

“Apa bila nanti saya tidak menegur atau menyapa tolong ingatkan saya, saya siap dikritik masyarakat, saya juga siap menerima gagasan-gagasan dari masyarakat, khususnya di lingkungan Kecamatan Tiumang ini,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Tiumang Ny. Tarawiati Marjilis, oleh Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Syafni Adlisman , yang juga ditandai dengan penyerahan memori PKK Kecamatan Tiumang. (*/FS)

Baca Juga

Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Kuli Bangunan di Padang Simpan Lima Paket Sabu Siap Edar
Operasi Antik Singgalang 2024, Polres Dharmasraya Ringkus 3 Pelaku Pengguna Narkotika
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia