Bunga Rafflesia Bermekaran di Tepi Danau Maninjau

Bunga Rafflesia Bermekaran di Tepi Danau Maninjau

Bunga Rafflesia (Foto: BKSDA Sumbar)

Langgam.id - Sebanyak empat bunga Rafflesia mekar bersamaan di dua titik populasi. Bunga langka itu tumbuh di Jorong Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Agam. Jorong ini berada tak jauh dari Danau Maninjau.

Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra mengatakan dari 4 bunga Rafflesia tersebut dua diantaranya sedang mekar sempurna pada hari kedua.

"Sedangkan dua lagi sudah melewati masa mekar sempurna atau mekar pada hari ketujuh," ujarnya kepada langgam.id, saat dihubungi, Rabu (11/12/2019).

Dia mengatakan mekarnya bunga tersebut diketahui ketika tim BKSDA Resor Agam melaksanakan pemantauan dan monitoring populasi di daerah tersebut pada hari Rabu (11/12/2019).

Dijelaskannya pada titik pertama, ditemukan individu mekar sempurna dengan diameter mencapai 90 cm. Diperkiarakan dalam 1 minggu sampai dengan 1 bulan ke depan akan ada 5 knop yang akan mekar lagi.

"Di lokasi ini juga terdapat bongkol/knop yang menempel pada batang pohon dalam jumlah banyak dan menyerupai kumpulan biji salak," sambungnya.

Sedangkan di titik populasi kedua, ditemukan dua individu yang mekar sempurna dengan diameter 90 cm dan 91 cm dan beberapa knop lainnya.

Menurutnya di Kabupaten Agam terdapat 13 titik sebaran populasi bunga rafflesia yang sebagian besar terdapat di daerah sekeliling Danau Maninjau.

Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan langka dan dilindungi oleh Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Tiga desa wisata di Sumatra Barat (Sumbar) berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Salah satunya adalah Desa Wisata Pesona Pagadih yang berada di Kabupaten
Mengenal Desa Wisata Pesona Pagadih di Agam, Masuk 50 Besar ADWI 2024
Padang Pariaman Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Agam
Padang Pariaman Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana di Agam
Kepala BPBD Agam, Budi Perwira Negara mengatakan bahwa posko utama bencana banjir bandang di SDN 08 Bukik Batabuah akan dipindahkan ke Kantor
Siswa Akan Ujian, Posko Utama Banjir Bandang di SDN 8 Bukit Batabuah Agam Dipindahkan
BNPB Lakukan Survei Udara untuk Mitigasi Bencana Galodo
BNPB Lakukan Survei Udara untuk Mitigasi Bencana Galodo
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengunjungi dua Sekolah Dasar di Kabupaten Agam pada Jumat (24/5/2024). Sekolah tersebut yaitu SD 05
Wagub Sumbar Kunjungi Anak-anak Korban Bencana di Agam
Kementerian Perdagangan Drop 40 Truk Bantuan Logistik Untuk Penanganan Bencana di Agam
Kementerian Perdagangan Drop 40 Truk Bantuan Logistik Untuk Penanganan Bencana di Agam