Bundo Kanduang Kecamatan Parsel Dikukuhkan, Begini Pesan Genius Umar

Bundo Kanduang Kecamatan Parsel Dikukuhkan, Begini Pesan Genius Umar

Wako Pariaman Genius Umar dalam pengukuhan Bundo Kanduang Kecamatan Pariaman Selatan. (Foto: Kominfo Kota Pariaman)

Langgam.id ---Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin hadiri pengukuhan bundo kanduang Kecamatan Pariaman Selatan periode 2023 – 2027 di Halaman Kantor Camat Pariaman Selatan Kota Pariaman, Sabtu (4/2/2023).

Dalam sambutannya, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengapresiasi pengukuhan ini karena merupakan pengukuhan bundo kanduang pertama tingkat kecamatan periode 2023 - 2027.

Genius berpesan bahwa peranan bundo kanduang di suatu daerah sangatlah penting untuk menjaga adat istiadat dan marwah wanita.

“Oleh sebab itu berbagai program sejak dari penyusunan perencanaan pemerintahan tingkat desa sampai kota yang dilanjutkan ke tingkat DPRD, bundo kanduang wajib dilibatkan sehingga pemerintah kota selalu diingatkan hal – hal apa saja yang mesti dilakukan untuk pemberdayaan perempuan,” ungkapnya.

Adanya organisasi bundo kanduang sebagai pertanda adat budaya Minangkabau itu melekat pada diri orang Minang dimana mereka berada. Melalui eksistensi para bundo kanduanglah budaya adat Minangkabau dirawat dan dijaga. Para bundo kanduang memiliki tugas penting yaitu menanamkan nilai-nilai adat budaya Minangkabau pada generasi penerus.

“Selamat atas dilantiknya pengurus bundo kanduang Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Seorang Bundo Kanduang harus dapat meningkatkan perannya dalam meningkatkan sumber daya manusia bagi Puti Bungsu dan Rang Mudo. Ayo kita bersama untuk mengaktualisasikan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah," tutupnya.

Sementara itu Ketua Bundo Kanduang Kota Pariaman, Arrahmi usai mengukuhkan pengurus Kecamatan Pariaman Selatan mengucapkan terima kasih kepada Camat Pariaman Selatan M. Farid Marwan berserta jajaran yang telah mendukung penuh sampai terlaksananya kegiatan ini.

“Pengukuhan pengurus bundo kanduang Kecamatan Pariaman Selatan terlaksana berdasarkan hasil dari musyawarah berbagai pihak. Memperoleh sebuah jabatan berarti menerima adanya tanggung jawab dan harus dilaksanakan," katanya.

Dengan adanya regulasi ini, kita patut berbangga dan wajib memperkenalkan adat istiadat serta tradisi Minangkabau kedunia luar. Kepada pengurus yang baru dikukuhkan hendaknya mampu bekerja dengan baik dan melanjutkan kegiatan yang telah berjalan selama ini serta membuat program untuk kemajuan Kecamatan Pariaman Selatan dalam rangka melestarikan adat dan budaya minangkabau," ujarnya mengakhiri.

Pengukuhan yang dilakukan oleh ketua Bundo kanduang Kota Pariaman Arrahmi dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Ny.Indriati Mardison, Forkopimca, Pengurus Bundo Kanduang Kota Pariaman, Camat Pariaman Selatan M. Farid Marwan serta Kepala Desa se kecamatan Pariaman Selatan. (*/FS)

Tag:

Baca Juga

Pasaman Barat Terima 543 Mahasiswa KKN-PPM Terpadu dari 13 Perguruan Tinggi
Pasaman Barat Terima 543 Mahasiswa KKN-PPM Terpadu dari 13 Perguruan Tinggi
Pj Wako jadi Responden Penelitian Mantan Kapolresta Padang Imran Amir
Pj Wako jadi Responden Penelitian Mantan Kapolresta Padang Imran Amir
Pilgub Sumbar 2024: Audy Maju, Begini Respons PKS
Pilgub Sumbar 2024: Audy Maju, Begini Respons PKS
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Lantunan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh Qari Internasional, Darwin Hasibuan, mengalun indah melalui pengeras suara Mushalla Al Jihad
Tahun Lalu Ingin Berkhitan, Impian Faidil Terwujud Bersama Bhakti Sosial Kejari Dharmasraya
Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memastikan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo pada Rakernas
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2024