Buka Seminar PDRI, Bupati Dharmasraya Pimpin Doa untuk Sejarawan Mestika Zed

Bupati Dharmasraya Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan buka seminar bertajuk Dharmasraya di Lintasan PDRI, Kamis (2/1)

Bupati Dharmasraya Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan buka seminar bertajuk Dharmasraya di Lintasan PDRI, Kamis (2/1)

Langgam.id- Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar seminar bertajuk 'Dharmasraya di Lintasan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI)', Kamis (2/1).

Dalam sambutannya, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak ratusan peserta berdoa, untuk Ketua PDRI Almarhum Mr Sjafruddin Prawiranega dan para pejuang yang mendukung perjuangan PDRI.

"Serta juga untuk sejarawan Almarhum Prof Mestika Zed yang telah mengingatkan kita dengan sejarah PDRI ini, melalui bukunya yang berjudul Somewhere in The Jungle," ujarnya.

Sutan mengatakan, setelah membentuk PDRI, Sjafruddin bersama para menterinya bergerilya mencari tempat yang aman. Dari Halaban, rombongan sempat ke Bangkinang, terus kemudian ke arah selatan, hingga kembali ke arah Sumatra Barat.

Kata dia, dalam buku Mestika disebutkan pada 1 Januari 1949, rombongan tersebut sampai di Sungai Dareh yang kini berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Dharmasraya.

"Di sini, rombongan sempat beristirahat selama tiga hari untuk menguji coba radio dan menentukan tempat yang dinilai paling aman," ujarnya.

Ia mengatakan, selama tiga hari rombongan Sjafruddin di Dharmasraya, selama itu pula, kabupaten ini menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.di masa darurat itu.

Sebab, kata dia, sifat pemerintahan PDRI menurut Mestika adalah mobile government. Pemerintahan yang bergerak mengikuti di mana para pemimpinnya berada. (SRP)

Baca Juga

Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat
Pemkab Dharmasraya memperoleh penghargaan dari BPJS. Penghargaan itu diterima Pemkab Dharmasraya atas keberhasilan kepesertaan 100
100 Persen Penduduk Terlindungi Jaminan Kesehatan, Dharmasraya Raih Penghargaan BPJS
Bupati Dharmasraya, Sutan Riskan Tuanku Kerajaan melepas sebanyak 248 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dharmasraya untuk melaksanakan
Lepas 248 JCH Asal Dharmasraya, Bupati Sutan Riska: Jaga Kesehatan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan fungsional sebanyak 486 PPPK) di Lingkungan
Bupati Dharmasraya Lantik 486 PPPK Formasi Tahun 2023
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XII tingkat Kabupaten Dharmasraya.
Digelar Juni Nanti, Sekda Kukuhkan Panitia MTQ XII Tingkat Dharmasraya
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang