BPBD Padang Terima 23 Laporan Setelah Hujan Seharian Rabu, Terbanyak Pohon Tumbang

BPBD Padang Terima 23 Laporan Setelah Hujan Seharian Rabu, Terbanyak Pohon Tumbang

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril. (Foto: Dok. BPBD Padang)

Langgam.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang menerima 23 laporan terkait peristiwa yang terjadi pasca Padang dilanda hujan lebat, hingga Rabu (16/11/2022) malam.

Pohon tumbang menjadi yang paling banyak terjadi. Update terbaru Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Padang, pukul 18.40 WIB. Dari 23 laporan yang diterima tersebut, ada 13 kejadian pohon tumbang.

Di antaranya, di Siteba (Kecamatan Nanggalo), Perumahan Bunga Mas Tahap 3 (Kecamatan Koto Tangah) dan Simpang Damri Tabing. Juga di pinggir sungai dekat Simpang Parak Gadang, jalan menuju Teluk Bayur, Jalan Padang-Painan di Kelurahan Gates, Pos Lanud Parupuk Tabing serta Batu Gadang dekat jembatan Trc Semen Padang.

Dalam rilisnya, BPBD Padang menyatakan, sebagian besar sudah selesai dikerjakan oleh tim di lapangan. Selain itu, ada beberapa lokasi yang masih dalam proses pengerjaan.

Pada Rabu siang, BPBD Padang juga meninjau dan melakukan aksi di lapangan terkait beberapa rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung. Setidaknya ada tiga laporan terkait angin puting beliung.

Di kelurahan Gates Nan XX dan Dadok Tunggul Tunggul Hitam, puting beliung merusak dan mengenai masing-masing satu unit rumah.

Baca Juga: 2 Titik Longsor di Sitinjau Lauik Lumpuhkan Jalur Padang-Solok

Terkait banjir dan longsor, BPBD Padang dalam hal ini akan bekerjasama dengan pihak Kecamatan dan Dinas PUPR. "Kami telah ada komitmen dan koordinasi terkait longsor dan banjir," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang, Basril.

Menurutnya, longsor terjadi di dua lokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Yaitu di Teluk Kabung Tengah, dan dan di Kelurahan Gates XX.

Ia juga menyatakan pihaknya dalam hal ini semata-mata tidak bekerja sendirian. "BPBD dibantu Pemadam Kebakaran Kota Padang, Satuan Polisi Pamong, Praja, dan pihak terkait lainnya," ucap Barlis. "Terutama yang paling berperan adalah warga masyarakat." (Dharma Harisa/SS)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Satpol PP dan Unsur Kebencanaam Pemko Padang Evakuasi Sejumlah Pohon Tumbang
Satpol PP dan Unsur Kebencanaam Pemko Padang Evakuasi Sejumlah Pohon Tumbang
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau sejumlah kawasan yang terdampak bencana banjir dan longsor di tiga kabupaten di Sumbar.
Mahyeldi Tinjau Kawasan yang Terdampak Banjir dan Longsor di 3 Kabupaten di Sumbar
Jalan Sumbar-Riau di Kabupaten Limapuluh yang sempat diberlakukan sistem buka tutup, kini sudah bisa dilalui kendaraan dari dua arah.
Longsor Sudah Dibersihkan, Jalan Sumbar-Riau Dapat Dilalui Kendaraan dari 2 Arah
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov