BNPB Kembali Berikan Bantuan Penanganan Bencana untuk Tanah Datar

BNPB Kembali Berikan Bantuan Penanganan Bencana untuk Tanah Datar

BNPB serahkan bantuan secara simbolis untuk Kabupaten Tanah Datar. (Foto: Prokopim Tanah Datar)

Langgam.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali memberikan bantuan ke Kabupaten Tanah Datar untuk penanganan bencana banjir lahar dingin, banjir bandang, dan longsor.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dari Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, di Indojolito Batusangkar, Minggu (14/4/2024).

"Sesuai surat dari pak Bupati, BNPB membantu dari Dana Siap Pakai sebesar Rp250 juta dan dukungan logistik serta peralatan untuk penanganan darurat bencana banjir lahar dingin, banjir bandang dan longsor di Tanah Datar," katanya, dikutip dari Prokopim.

Adapun dukungan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana berupa 300 paket sembako, 300 paket hygine kit, 200 paket makanan siap saji, 25 unit Velbed, 100 pcs kasur lipat, 200 pcs selimut, 3 unit genset, 5 unit pompa apung, 2 unit light tower, 2 unit tenda pengungsi, 5 unit tenda keluarga 4x4 dan 1.008 botol sabun cair.

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi saudara kita yang terdampak bencana dan peralatan mendukung untuk penanganan bencana di Tanah Datar," ujar Yustam.

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada BNPB yang merespon dengan cepat kebutuhan untuk penanganan bencana di Tanah Datar.

"Pertama Saya minta maaf karena terlalu nyinyir atau cerewet menelpon untuk minta bantuan ini, tentunya hal ini Saya lakukan karena memang kami sangat butuh sekali untuk penanganan musibah yang terjadi di Tanah Datar, terima kasih pak, bahkan permohonan untuk bantuan mobiler jet pump juga dikabulkan BNPB," katanya.

Dikatakan Eka Putra lagi, diakibatkan cuaca ekstrim di Tanah Datar beberapa hari belakangan menyebabkan berapa jalan terban dan jembatan rusak yang juga butuh bantuan dari BNPB.

"Hujan lebat beberapa hari belakangan juga menyebabkan di beberapa wilayah jalan terban dan jembatan rusak, mohon sekiranya besok Bapak mengunjungi langsung ke titik-titik tersebut, semoga ada juga bantuan lainnya," sampainya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan, Satgas, TNI, Polri dan dinas terkait lainnya yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran dalam membantu mengatasi musibah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kalaksa BPBD dr. Ermon Revlin, Kasatpol PP Mukhlis, Kadis Sosial Afrizon, Kadis PU PR Ten Feri, Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis PMD PPKB Abdurrahman Hadi, Kaban Kesbang Pol Herison dan instansi terkait lainnya. (*/Fs)

Baca Juga

Relokasi Korban Banjir Bandang, Bupati Tanah Datar Cek Lahan 10 Ha di Rambatan
Relokasi Korban Banjir Bandang, Bupati Tanah Datar Cek Lahan 10 Ha di Rambatan
Pemkab Tanah Datar mengusulkan pembangunan delapan sabo dam untuk mengantisipasi bencana banjir bandang kepada BNPB
Atasi Banjir Lahar Dingin, Pemkab Tanah Datar Usulkan Pembangunan 8 Sabo Dam ke BNPB
Pemkab Tanah Datar menerima 1.000 paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo. Paket sembako tersebut diperuntukkan bagi warga terdampak
1.000 Paket Sembako dari Presiden untuk Warga Terdampak Banjir Bandang Tiba di Tanah Datar
Update Banjir Bandang di Tanah Datar: 19 Orang Meninggal, 74 Rumah Rusak Berat
Update Banjir Bandang di Tanah Datar: 19 Orang Meninggal, 74 Rumah Rusak Berat
Festival Gema Takbiran Sambut Lebaran di Tanah Datar
Festival Gema Takbiran Sambut Lebaran di Tanah Datar
Jumlah Pengungsi Gunung Marapi di Tanah Datar Kembali Bertambah
Jumlah Pengungsi Gunung Marapi di Tanah Datar Kembali Bertambah