BMKG: Sumbar Masih Berpotensi Hujan 3 Hari ke Depan

Langgam.id - Prakiraan BMKG, sejumlah wilayah di Sumatra Barat (Sumbar) berpotensi diguyur hujan hingga besok.

Ilustrasi Hujan. [Foto: Bru-nO/pixabay.com]

Langgam.id - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas II Minangkabau Padang Pariaman mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang untuk tiga hari ke depan di Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala BMKG Padang Pariaman Sakimin mengatakan, berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca Sumbar pada Minggu (2/4/2023) pagi ini dan malam hari di sebagian besar wilayah diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Wilayah tersebut meliputi Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, kabupaten Padang Pariaman, kota Pariaman, kota Padang dan kabupaten Pesisir Selatan.

Sedangkan untuk siang hari hingga sore harinya, menurutnya akan berpotensi berawan hingga hujan ringan sampai sedang. Daerah itu mulai dari Kepulauan Mentawai, Pasaman, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Limapuluh Kota, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok Selatan dan Dharmasraya.

Selain itu, untuk suhu udara di Sumbar hari ini, antara 16 hingga 31 derajat celcius. Serta tingkat kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 98 persen.

“Perkiraan kami potensi hujan sedang sampai lebat akan terjadi di wilayah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, kota Pariaman, Pesisir Selatan, dan Sijunjung. Kami mengeluarkan peringatan dini, jadi tetap waspada potensi hujan ini karena dapat disertai petir,” katanya saat dihubungi langgam.id, Minggu (2/4/2023).

Dia menambahkan, untuk besok (3/4/2023) dari pagi sampai sore hari cuaca diprakirakan cerah berawan hingga hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Wilayah itu meliputi Pasaman, Pasaman Barat, dan Solok Selatan.

Kemudian, pada malam harinya akan berawan hingga hujan ringan sampai sedang untuk daerah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan dan Dharmasraya.

“Suhu udara di Sumbar hari itu, juga diprediksi antara 16 hingga 31 derajat celcius. Serta tingkat kelembaban udara berkisar antara 65 hingga 98 persen juga,” katanya.

Selanjutnya pada Senin, (4/4/2023) akan berpotensi berawan hingga hujan sedang di Sumbar. Hujan akan terjadi di wilayah Solok Selatan, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Pada malam harinya, akan terjadi hujan sedang di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, kabupaten Padang Pariaman, Pariaman, kota Padang, dan Pesisir Selatan.

Suhu udara pada hari itu, menurutnya antara 16 hingga 30 derajat Celcius. Sedangkan tingkat kelembaban udara berkisar antara 70 hingga 98 persen.

“Kami meminta masyarakat yang berkegiatan di luar selalu hati-hati selama musim penghujan ini,” ujarnya. (Afdal/SS)

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat terjadinya kenaikan penumpang pada arus balik Lebaran 2024 pada 13 April 2024 (H+2) dan
H+4 dan H+5 Lebaran, Sekitar 6000 Pemudik Tinggalkan Sumbar Melalui BIM
Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15
Rute One Way Arus Balik Padang - Bukittinggi Berubah
Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang melakukan penutupan jalur alternatif Padang-Bukittinggi yang melewati Batu Palano bagi kendaran roda empat.
Hari Ini, Sistem One Way Padang-Bukittinggi Diberlakukan Lebih Cepat