BMKG: Selama Oktober 2019 Saja, Terjadi 31 Gempa di Sumbar dan Sekitarnya

BMKG: Selama Oktober 2019 Saja, Terjadi 31 Gempa di Sumbar dan Sekitarnya

Infografis gempa yang terjadi selama Oktber 2019. (Sumber: BMKG)

Langgam.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis data gempa yang terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama Oktober 2019, Kamis (14/11/2019).

Selama sebulan itu, di wilayah Sumbar dan sekitarnya terjadi 31 kali gempa bumi. Dari jumlah tersebut, hanya dua gempa bumi yang dirasakan. Keduanya adalah gempa dengan kekuatan lebih dari Magnitudo 5.

Menurut data BMKG, gempa pertama terjadi pada 21 Oktiber 2019 pukul 23:49:06 WIB dengan kekuatan M5,5. Gempa ini terjadi 48 kilometer di selatan Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Dirasakan II-III MMI (Modified Mercally Intensity) di Tua Pejat serta II MMI di Padang dan Painan."

Sehari setelahnya pada 22 Oktober 2019, terjadi gempa dengan kekuatan M5,4. Gempa ini juga terjadi 48 kilometer di selatan Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Dirasakan IV MMI di Tua Pejat serta III MMI di Painan, Padang dan Pariaman."

Selain dua gempa itu, sebanyak 26 gempa dengan Magnitudo 3 sampai 5. Sisanya, dua gempa lagi di bawah Magnitudo 3.

Mayoritas gempa yang terjadi sebulan itu, yakni 27 gempa, tergolong gempa dangkal alias di bawah kedalaman 60 kilometer. Sementara 3 gempa lainnya masuk kategori kedalaman menengah antara 6- sampai dengan 300 kilometer.

Dalam publikasi di akun resmi medsos BMKG Padang Panjang itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk memastikan informasi gempa dari BMKG. Informasi resmi hanya disebar melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. (*/SS)

Baca Juga

Perdana di Padang, BMKG Terapkan Sekolah Lapangan Iklim
Perdana di Padang, BMKG Terapkan Sekolah Lapangan Iklim
Sebanyak 13 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 24-31 Mei 2024.
BMKG Catat Sumbar Digoyang 13 Gempa dalam Seminggu, 3 Kali Dirasakan
Galodo Sumbar, Pemerintah Rancang Peringatan Dini Galodo Berbasis Komunitas
Galodo Sumbar, Pemerintah Rancang Peringatan Dini Galodo Berbasis Komunitas
Selama tiga hari ke depan, sejumlah kabupaten/kota Sumbar berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta dapat
Daftar Kabupaten/Kota di Sumbar Berpotensi Diguyur Hujan Lebat 3 Hari ke Depan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, bahwa pihaknya memprakirakan dalam waktu kurang lebih sepekan ke depan, hujan cukup lebat
Cegah Awan Hujan Turun di Lokasi Bencana, BMKG Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan melanda Sumatra Barat (Sumbar) selama tiga hari ke depan. Yaitu mulai Senin
BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Sumbar 3 Hari ke Depan