BK DPRD Sumbar Telusuri Informasi Anggota Dewan Nyaris Tabrak Tentara di Padang

Perda New Normal Sumbar

Ketua DPRD Sumbar Supardi. (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Salah seorang anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar) disebut-sebut berada di dalam mobil yang diduga ugal-ugalan dengan kondisi mabuk dan nyaris menabrak Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Korem 032/Wirabraja, Kolonel Sugiyono.

Ketua DPRD Sumbar Supardi membenarkan informasi. Namun, dia belum dapat memastikan apakah itu benar anggota dewan yang disebut-sebut salah satu anggota fraksi Partai Demokrat atau tidak.

"Saya juga baru tahu soal itu, tapi belum mendapatkan informasi yang valid dari yang bersangkutan, belum bisa komentar banyak soal itu," katanya saat dihubungi Langgam.id, Rabu (8/4/2020).

Supardi mengaku juga telah berkoordinasi dengan Ketua Fraksi Demokrat, Ismet Amzis. Namun, pihak fraksi juga belum mendapatkan informasi yang valid tentang kebenaran informasi tersebut.

Namun jika peristiwa itu benar, kata Supardi, anggota dewan itu bisa saja diproses oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumbar. Arahnya bisa melanggar kode etik atau minimal bisa diproses di ranah fraksi.

"Kalau itu memang terjadi, DPRD meminta agar fraksi memanggil yang bersangkutan, bisa saja dibawa ke ranah BK, tapi itu belum tahu, belum terbukti," katanya.

Ia mengatakan DPRD tentu harus menggunakan sikap azas praduga tak bersalah dulu kepada yang bersangkutan. Kalau seandainya terbukti maka BK akan segera bekerja.

"Jadi kita tunggu saja dulu bagaimana nantinya," katanya.

Sementara itu, Ketua BK DPRD Sumbar Irzal Ilyas Dt Lawik Basa mengatakan juga sudah mendapat informasi adanya anggota seorang dewan yang diamankan karena persoalan di jalan raya. Namun, pihaknya masih belum mendapatkan informasi yang pasti soal itu karena sedang berada di luar daerah.

"Kami lagi tidak di kantor, Kami di BK masih koordinasi untuk konfirmasi ke yang bersangkutan," katanya.

Dari informasi yang diterima, kata Irzal, oknum anggota dewan itu tidak melakukan tindak kriminal dan hanya diduga ugal-ugalan di atas mobil.

"Nanti akan kita panggil yang bersangkutan, saya sudah konfirmasi ketua fraksi, kita juga lagi di daerah masing-masing sekarang," katanya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Korem 032/Wirabraja Kolonel Sugiyono nyaris ditabrak mobil yang diduga ugal-ugalan melintas di depan Makorem 032/Wirabraja, Selasa (7/4/2020) dini hari.

Saat kejadian, dia sedang melintasi jalan untuk pulang ke rumah dinasnya. “Saya datang dari kantor terus pulang ada orang itu, saat dihentikan lalu keluar mengaku sebagai anggota dewan,” kata Sugiyono kepada wartawan, Selasa (7/4/2020) sore.

Baca juga : Tentara di Padang Nyaris Ditabrak Mobil Ngebut, Penumpang Ngaku Anggota Dewan

Sugiyono tidak menggubris perkataan laki-laki yang mengaku sebagai anggota dewan itu. Ia pun memperingati agar sopir mengemudi secara pelan-pelan.

“Saat dihentikan di atas mobil tersebut terdapat dua orang laki-laki dan tiga perempuan. Begitu turun, memang bau mulutnya bau minuman, dan kami temukan minuman keras jenis anggur merah,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sumbar, Ismet Amziz membenarkan mendapat informasi tersebut. Namun, dia belum bisa memastikan apakah benar kader Demokrat yang ada dalam peristiwa itu.

“Saya belum bisa pastikan itu kader Demokrat. Saya coba hubungi yang bersangkutan tidak bisa. Sabar saja dulu,” katanya kepada langgam.id, Selasa (7/4/2020) malam. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat adat yang terdiri dari ninik mamak, bundo kanduang alim ulama hingga cadiak panda,
Ketua DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Adat Berkontribusi Menjawab Persoalan Sosial
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan bahwa potensi besar Payakumbuh yang bisa dikembangkan adalah sektor kuliner. Memang, Payakumbuh
Bimtek WRSE Angkatan Terakhir, Ketua DPRD Sumbar: Kuliner Payakumbuh Harus Mendunia
Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) Kepala Daerah Sumbar 2023 DPRD Sumbar, berkonsultasi dengan Direktorat
Optimalisasi Pelaksanaan Rekomendasi DPRD ke Kepala Daerah, Pansus LKPJ Konsultasi ke Kemendagri
Komisi I DPRD Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam. Dengan adanya rencana
Komisi I DPRD Sumbar Kunjungan ke Agam, Pengajuan DOB Bisa Terealisasi Usai Pilkada
Ketua DPRD Sumatra Barat (Sumbar) Supardi mengajak kalangan akademisi untuk berkontribusi dalam mengawal proses Pilkada
Ketua DPRD Sumbar Ajak Akademisi Kawal Pilkada