Besok Masjid Raya Sumbar Kembali Gelar Salat Jumat, Irwan Prayitno Dijadwalkan Khatib

BMKG mengamati gerhana matahari cincin dari Masjid Raya Sumbar di Sumbar, terdakwa vonis 7

Masjid Raya Sumbar. (Foto: Hendra)

Langgam.id - Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) akan kembali dibuka dengan menggelar salat Jumat, besok Jumat (19/6/2020). Salat tersebut pertama kali digelar setelah ditutup sekitar 3 bulan akibat pandemi virus corona atau covid-19 di Sumbar. Gubernur Irwan Prayitno dijadwalkan akan jadi khatib dalam salat Jumat itu.

Baca juga: Masjid Raya Sumbar Gelar Salat Jumat Mulai 19 Juni 2020

Sebagai persiapan pengurus melakukan penyemprotan cairan disinsefektan di sekitar masjid pada lantai satu oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang pada Kamis (18/6/2020). Pada bagian lantai dua petugas juga menembakkan disinfektan dari bawah dengan mobil pemadam.

Sekretaris Pengurus Masjid Raya Sumbar Elsanra Ekaputra mengatakan, penyemprotan dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan salat Jumat. Pengurus juga sudah memberikan tanda jarak di lantai agar saf jemaah berjarak saat salat.

"Kita juga menyiapkan wastafel, penggunaanya ada pakai sensor dan ada yang pakai kaki, jadi tidak disentuh, semuanya kita sediakan sembilan unit," katanya.

Pada tahap awal ini salat hanya dilaksanakan pada lantai satu saja. Alasannya karena lantai dua yang biasa dipakai terpasang karpet yang sulit jika dibongkar. Kalau dibongkar juga memakan tempat yang luas.

Kalau seandainya jemaah melimpah maka dapat digunakan bagian luar ruangan. Lantai dua juga bisa digunakan tetapi hanya bagian luarnya saja. Semua itu dilakukan agar bisa mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Jemaah yang datang diminta untuk menerapkan protokol kesehatan selama memasuki area masjid. Sebelum datang ke masjid jemaah diimbau agar mengambil wudu dulu di rumah masing-masing.

"Semua diwajibkan pakai masker dan membawa sajadah dari rumah masing-masing, wudu di rumah masing-masing, kalau tidak ya kita juga ada tempat wudu," katanya.

Menurut Elsanra, pada salat jumat besok Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dijadwalkan akan menjadi khatib. Setelah pembukaan besok, masjid akan dibuka seterusnya termasuk pelaksanaan salat Jumat seterusnya. (Rahmadi/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Rapat dengan Sekdaprov, DPRD Sumbar Minta Orang Partai Tak Jadi Pengurus Masjid Raya
Rapat dengan Sekdaprov, DPRD Sumbar Minta Orang Partai Tak Jadi Pengurus Masjid Raya
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
5 Anggota KPU Sumbar Terpilih Diumumkan, Nihil Keterwakilan Perempuan
Langgam.id-Masjid Raya Sumbar
Sesalkan Narasi Pengurus, Mantan Imam Masjid Raya Sumbar Buka-bukaan Soal Pergantiannya
Soal Imam Masjid Raya Sumbar, Pengurus: Kita Tak Pakai Istilah Pemecatan, Tapi Pergantian
Soal Imam Masjid Raya Sumbar, Pengurus: Kita Tak Pakai Istilah Pemecatan, Tapi Pergantian
Pengumuman Seleksi Bakal Calon Direksi PT Grafika Jaya
Pengumuman Seleksi Bakal Calon Direksi PT Grafika Jaya
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas